Tiga Calon Sekda Ngopi Bareng

Probolinggo – Difasilitasi Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, tiga calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo ngopi bareng Pokja Jurnalis Kraksaan, Selasa (29/11/2022) siang. Kegiatan tersebut digelar di ruang pertemuan Bromo FM yang berada di lantai dasar Gedung Islamic Centre (GIC) Kraksaan.

Ketiga calon Sekda tersebut, Edy Suryanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Heri Sulistyanto menjabat Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Probolinggo. Kemudian Ugas Irwanto menjabat sebagai Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, Kadiskominfo Yulius Cristian pun mempersilakan rekan media untuk mengajukan pertanyaan. Sejumlah pertanyaan kemudian bermunculan, salah satunya dari Babul Arifandi. Kepada ketiganya, Babul menanyakan gagasan utamanya jika ditakdir menjadi Sekda.

“Jika ditakdir, apa yang akan dilakukan untuk memajukan Kabupaten Probolinggo?” kata Jurnalis Kompas TV tersebut.

Pertanyaan itu langsung dijawab Ugas. Dikatakan jika dirinya ditakdir menjadi sekda, dirinya akan membawa Pemerintahan Kabupaten Probolinggo seperti halnya perusahaan. Sehingga, masing-masing Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat lebih semangat dalam melakukan pekerjaannya.

“Pemerintah akan saya bawa seakan-akan seperti manejemen perusahaan, jika ada pelanggaran ada sanksi, jika berprestasi atau kinerjanga bagus, akan ada reward ataupun promosi,” ujar mantan Camat Sumberasih tersebut.

Selain itu, Ugas berjanji akan merangkul dan mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun Kabupaten Probolinggo menjadi lebih baik. Dengan begitu, ia meyakini Kabupaten Probolinggo dapat beranjak dari daerah miskin.

“Selama 20 tahun, Probolinggo belum keluar dari lima terbawah daerah miskin di Jawa Timur. Maka dari itu, ke depan harus ada perubahan yang signifikan. Pelayanan masyarakat harus cepat, mudah, dan tersenyum,” imbuhnya.

Baca Juga  Disidak Pasca Lebaran, ASN Pemkot Probolinggo Kaget

Setelah Ugas, secara bergantian Heri menyambung untuk memberikan jawaban. Heri menjelaskan, saat ini dirinya memasrahkan kepada takdir.

“Kami semua sudah berkomitmen, siapa pun yang ditakdir, semuanya harus mendukung. Intinya kami akan melakukan yang terbaik untuk Probolinggo,” paparnya.

Terakhir giliran Edy memberikan jawaban. Kepala DPMD ini mengatakan, dekda dan kepala daerah harus bisa bekerja sama dengan baik. Sebab menurutnya, jabatan sekda tak ubahnya sebagai dirigen yang akan memimpin ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo dalam upaya mendukung progeam kepala daerah.

“Tentu akan bekerja secara maksimal dan memposisikan sebagai dirigen bagi segenap OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red.) sesuai dengan keinginan Wabup (Wakil Bupati, Red),” ujarnya.

Sementara itu, Yulius Cristian mengaku, bersyukur ketiganya saat ini merupakan calon sekda. Yulius juga sudah mengenal ketiganya sejak masa kuliah dulu.

“Pernah satu kos, sudah akrab sejak dulu, semoga yang terbaik di antara yang terbaik yang terpilih jadi sekda,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …