Sidak Pasar Baru, Komisi 2 Beber Temuan Sejumlah Masalah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Musim hujan membuat DPRD Komisi 2 DPRD menyidak Pasar Baru. Tak hanya menemukan bangunan tak layak, insentif pajak ternyata tak tersalur.

Sidak Senin (6/1) itu dipimpin Ketua Komisi 2, Sibro Malisi beserta beberapa anggotanya. Hampir semua sisi dicek baik pedagang ikan, sayur dan buah maupun sembako.

Dalam sidak, pihaknya menemukan sejumlah bedak yang memang dikeluhkan pedagang. Bahkan 98% bangunan tidak layak untuk ditempati.

“Sekitar 98%, baik bangunan di dalam maupun tempat pindahan tidak layak. Ini yang dikeluhkan para pedagang tadi kepada kami,” katanya.

Selain itu, untuk bedak pasar sementara atau TPS, Sibro meminta pihak terkait mendata secara pasti untuk antisipasi jika mereka direlokasi ketika pasar sudah dibangun.

“Yang mencegangkan, petugas pemungut pajak daerah tidak menerima intensif pemungutan pajak daerah sebesar 5%. Padahal ini diatur undang-undang yang manakala harus mereka terima,” tegas Sibro.

Politisi Nasdem itu akan mempertanyakan hal tersebut pada pemerintah, yakni Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP).

“Kami akan tanyakan, sebab kami tahu persis baik dalam badan anggaran maupun komisi intensif pajak daerah 5% itu tersalurkan tapi tidak tahu ke mana,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Kota Probolinggo M. Arif Billah akan menindak sejumlah temuan Komisi 2. Termasuk bedak-bedak yang dinilai tak layak.

“Kami akan tindak lanjuti dan kami sampaikan kepada atasan. Sampai saat ini sekitar 700 pedagang pasar memang masih menempati sejumlah bedak baik di dalam maupun TPS,” katanya.

Terkait bedak, pihaknya akan mengubah sejumlah hal. Seperti skenario lalu lintas bekerja sama dengan pihak lain. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Kota Probolinggo Terapkan PPKM Darurat, Aktifitas Warga Dibatasi

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …