Dua Calon Sekda Bantah Terlibat Politik

Probolinggo – Bola panas yang menerpa dua calon Sekretaris Daerah (Sekda) Ugas Irwanto dan Heri Sulistyanto terus bergulir. Keduanya diterjang kabar tak sedap ihwal kehadirannya di acara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Probolinggo yang digelar di Yogya, Kamis (24/11/2022) kemarin.

Sejumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo pun mempertanyakan kehadiran keduanya di acara Bimbingan Teknis Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dna Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tersebut. Pasalnya, keduanya saat ini masuk dalam nominator calon Sekda Kabupaten Probolinggo yang harusnya bersikap netral.

Menanggapi hal tersebut Ugas Irwanto menegaskan, kehadirannya bukan sebagai kapasitas parpol. Ia menghadiri forum tersebut karena kapasitasnya sebagai Ketua Pelaksana Harian Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Undangannya sudah sejak dua bulan yang lalu. Jadi saya hadir. Kebetulan momennya berdekatan dengan pengumuman saya baru lulus (Seleksi Sekda, Red.),” katanya, Jumat (25/11/2022).

Namun, terlepas dari kapasitasnya itu, ia menyadari kehadirannya akan membuat kecemburuan dari parpol lain. Sebab saat ini dirinya merupakan satu dari tiga nominator calon sekda.

“Saya juga memahami ke teman-teman partai itu, mungkin tidak elok lah. Makanya terus terang saya minta maaf,” paparnya.

Ia pun menegaskan, kehadirannya pada kesempatan itu sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan politik. Ia hanya menghadiri forum bimbingan teknisnya P4GN.

“Saat acara partainya, sedetik pun saya tidak ikut. Acara (P4GN, Red.) itu selesai, saya langsung keluar,” ujarnya.

Bahkan, Ugas pun menegaskan, seandainya pada saat dirinya memberikan pidato dalam acara tersebut ada yang merekam, mungkin persoalan ini tidak akan muncul ke publik.

“Seandainya saat saya dan Mas Heri pidato ada yang rekam. Demi Allah urusan narkoba, tidak ada sangkut pautnya partai. Setelah selesai saya keluar,” terangnya.

Baca Juga  Perbaikan Tiang di Alun-alun Telan Anggaran Ratusan Juta

Senada dengannya, Heri Sulistyanto pun mengatakan, kehadiran dirinya bukan sebagai calon sekda. Dirinya hadir karena kapasitasnya sebagai Wakil Ketua P4GN Kabupaten Probolinggo.

“Iya, undangannya sudah dari dua bulan yang lalu. Tidak ada hubungannya dengan politik. Kehadiran saya sebagai pemateri dalam bimtek narkoba, P4GN itu,” terangnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …