Lulus Administrasi, ini 7 Nama Calon Sekda Probolinggo 

Kraksaan,- Sebanyak delapan pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo mendaftar menjadi calon Sekretaris Daerah (Sekda) setempat. Namun, satu diantaranya dipastikan tidak lulus.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Probolinggo, Syamsul Huda mengatakan, dalam seleksi administrasi yang sudah dilakukan panitia seleksi (pansel), Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar), Sugeng Wiyanto, dinyatakan tidak lolos.

Sebab mantan Camat Kraksaan dan Tongas itu, terlambat menyetorkan berkas-berkas pendaftaran hingga batas waktu yang telah ditentukan.

“Yang bersangkutan terlambat, makanya tidak lulus administrasi,” kata Huda, Minggu (13/11/22).

Ia menyebut, dalam seleksi administrasi ini pansel sudah bekerja secara maksimal. Sehingga, hasil seleksinya bisa diumumkan lebih cepat dari jadwal awal.

“Ada perubahan jadwal, semula kan direncanakan diumumkan Senin besok, tapi sudah diumumkan Sabtu kemarin,” bebernya menegaskan.

Tahapan selanjutnya, menurut Huda, para calon Sekda yang lulus administrasi ini akan mengikuti uji kompetensi yang akan digelar di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur, Senin (14/11/22) besok.

“Yang diuji itu terkait managerial, teknis, dan sosiokultural. Kinerja selama berdinas juga dinilai,” paparnya.

Selepas uji kompetensi itu, dijelaskan Huda, para calon sekda akan diberi waktu setidaknya hingga tiga jam pada Rabu (16/11/2022) untuk menulis makalah.

Selanjutnya, makalah yang ditulis ini akan dipresentasikan bebarengan dengan hari tes wawancara, yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (17/11/2022) depan.

Dari serangkaian tes ini, pansel nantinya akan mengumumkan tiga calon Sekda terbaik yang selanjutnya akan disampaikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Gubernur Jawa Timur.

Sesuai jadwal awal, pengumuman tiga calon Sekda terbaik ini bakal disampaikan, pada Rabu (23/11/2022).

“Tapi belum tahu juga apakah akan ada perubahan jadwal lagi, semoga saja tetap,” tuturnya.

Baca Juga  Tak Langgar Lalin tapi Dapat 'Surat Cinta'? Ini Solusinya

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Probolinggo akan segera memiliki Sekda baru mengingat Sekda saat ini, Soeparwiyono, akan memasuki masa pensiun pada Desember mendatang.

Untuk jabatan Sekda, dari delapan orang yang mendaftar, tujuh di antaranya dinyatakan lolos administrasi dan akan mengikuti uji kompetensi pada Senin besok.

Ketujuh calon tersebut ialah:
1. Agus Mukson, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintahan, dan Pembangunnan.
2. Heri Sulistyanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra.
3. Edy Suryanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)
4. Yulius Christian, Kepla Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo).
5. Doddy Nur Baskoro, Kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).
6. Kristiana Ruliani, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpatu Satu Pintu (DPMPTSP)
7. Ugas Irwanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Kadisperta Pensiun, Kekosongan Jabatan Eselon II Pemkab Probolinggo Bertambah

Probolinggo,- Jumlah kekosongan pejabat eselon II di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali bertambah. Hal ini …