Pasca Mutasi, Satu Kecamatan Masih Dijabat Plt

Probolinggo – Senin (7/11/2022) lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melakukan mutasi sebanyak 139 orang yang terdiri dari 82 Eselon III dan 57 Eselon IV. Di antaranya jumlah tersebut terdapat 17 camat yang dilantik.

Meski begitu, hingga saat ini masih terdapat satu kecamatan yang belum mempunyai camat definitif, yakni Kecamatan Kuripan. Hal ini pun dibenarkan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo, Syamsul Huda.

“Karena usulannya kemarin tidak disetujui Kemendagri. Karena ada persyaratannya yang kurang,” katanya, Rabu (9/11/2022).

Ia melanjutkan, salah satu kekurangan syarat dari calon yang diajukan pihkany untuk menduduki posisi Camat Kuripan itu berkaitan dengan dunia pendidikan. Sehingga, pihaknya kini harus kembali mempersiapkan calon untuk posisi tersebut.

“Kami persiapkan lagi calon dari para pejabat yang ada. Kemarin persyaratan yang kurang itu kualifikasi pendidikannya yang tidak sesuai dengan syarat jabatan camat,” terangnya, Rabu (9/11/2022).

Sebagai informasi, posisi jabatan Camat Kuripan sudah kosong sejak meninggalnya Camat Kuripan Abdul Rochim pada 22 Agustus 2021 lalu. Sejak itu, posisinya dijabat oleh pelaksana tugas (plt). Dan posisi plt tersebut dipegang oleh mantan Camat Lumbang, Junaedi yang sekarang menjabat sebagai Camat Bantaran.

“Dan masa Plt nya habis tanggal 18 November ini. Jadi kami mempersiapkan Plt-nya kembali, sebelum adanya camat definitif,” ujarnya.

Sebelum adanya mutasi pada Senin lalu, di lingkungan Kabupaten Probolinggo terdapat tiga kecamatan yang dipimpin Plt Camat. Sebelumnya, Camat Paiton terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada 30 Agustus 2021 lalu, sehingga posisinya dijabat oleh Abdul Bari sebagai Plt Camat. Kini setelah adanya mutasi, Imam Syafi’i resmi menjadi Camat Paiton setelah menanggalkan jabatannya sebagai Camat Banyuanyar.

Baca Juga  Anggaran Pemilu 2024 tak Kunjung Cair, KPU Lumajang Uring-uringan

Kedua, Camat Krejengan sebelumnya Doddi Kurniawan juga terjaring OTT bersama Ridwan, sehingga posisinya digantikan Taufik sebagai Plt Camat. Kini setelah mutasi lalu, Camat Krejengan dijabat oleh Bambang Heriwahjudi yang sebelumnya menjadi Sekretaris pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …