Desember, 900 Jip Wisata Bromo Ditargetkan Sudah Uji Kelaikan

Probolinggo – Dengan difasilitasi Dishub Kabupaten Probolinggo dan Polres Probolinggo ratusan jip wisata Gunung Bromo sudah melakukan uji kelaikan. Ditargetkan, sebagian besar jip wisata Gunung Bromo, pada Desember mendatang sudah semuanya lolos uji kelaikan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Perkumpulan Penyedia Jasa Layanan Akomodasi dan Transportasi wisata (Patra), Khoirul Umam. Ia mengatakan, sampai saat ini, sudah 250 kendaraan jip yang telah melakukan uji kelaikan di Balai Uji Kelayakan Kendaraan Bermotor di Kraksaan.

“Hari ini informasinya, ada 15 jip dari Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura yang melakukan uji kelaikan kendaraan. Dengan telah banyaknya jip yang melakukan uji kelaikan kendaraan, maka tingkat kesadaran pemilik akan kondisi kendaraan mulai terus naik,” ujarnya, Senin (17/10/2022).

Sebanyak 250 jip yang sudah melakukan uji kelaikan ini rata-rata jip yang berasal dari tiga desa. Yakni, Desa Ngepung, Kecamatan Lumbang, Desa Wonokerto dan Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura.

Para pemilik jip mengaku, perlu melakukan uji kelaikan kendaraan mengingat, selain untuk mengetahui kelayakan kendaraan mulai dari pengereman, hingga kelaikan yang lain. Juga untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan yang menggunakan jasa jip miliknya.

“Meski sudah mulai banyak jip yang melakukan uji kelaikan, namun masih ada jip yang enggan melakukan uji kelaikan lantaran mereka beranggapan meskipun tidak melakukan uji kelaikan jip-jip tersebut masih mengangkut wisatawan,” ujarnya.

Melalui pihak desa, Umam berharap sebagian besar jip yang berjumlah sekitar 900 jip ini seluruhnya dapat melakukan uji kelaikan. “Saya berharap Desember mendatang, sebagian besar jip sudah melakukan uji kelaikan. Tujuannya, agar dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada wisatawan, serta selama mengangkut wisatawan tidak ada kendala,” katanya. (*)

Baca Juga  Snorkeling Pulau Gili Ketapang, Akan Menjadi Wisata Syari'ah

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …