Sempat Lumpuh, Jalur Lumajang-Malang Kembali Normal

Lumajang,- Akses Lumajang-Malang di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, sempat ditutup pasca diterjang banjir dan tanah longsor, pada Sabtu (8/10/22) kemarin.

Saat ini, jalur antar kabupaten itu sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Aktifitas warga sekitar pun, mulai normal.

“Mulai (Minggu) kemarin sudah bisa dengan sistem buka tutup, sekarang tinggal finishing aja, sore ini alat berat dan personil sudah meninggalkan Ranupani,” kata Kabid Kedaruratan, Rehabilitasi dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Joko Sambang, Senin, (10/10/2022).

Lebih lanjut, Joko menyampaikan pihaknya saat ini tengah melakukan finishing pembersihan sisa-sisa material lumpur di sekitar selokan sepanjang jalan yang tersumbat.

“Tinggal pembersihan material yang ada di selokan itu kan dikeluarkan, lalu kita bersihkan menggunakan alat berat lalu dimasukkan ke dump truk,” papar dia.

Ia menambahkan saat ini jalur itu sudah bisa dilalui kembali secara normal untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sementara itu, akibat kejadian itu, pihaknya sejauh ini mencatat setidaknya ada 12 rumah warga yang mengalami kerusakan.

Menurutnya, beberapa rumah diantaranya sudah dilakukan pembersihan dan bisa dihuni kembali oleh si pemilik rumah.

“Rumah yang terdampak beberapa sudah kita bersihkan, kalau yang rusak berat sedang dihitung kerugiannya. Kalau untuk perbaikannya itu kebijakan pimpinan (Bupati),” jelasnya. (*)

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainullah FT

Baca Juga  275 CJH Kabupaten Probolinggo Batalkan Haji

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …