Jelang Maulid, Harga Bumbu Dapur Turun

Probolinggo – Menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh Sabtu mendatang, harga sejumlah komoditas bumbu dapur di pasar tradisional di Kota Probolinggo turun. Kondisi ini berbeda dengan tahun lalu, yang mana bumbu-bumbu dapur naik.

Dari pantauan PANTURA7.com, harga bumbu yang turun di antaranya, cabai rawit, yang saat ini harganya Rp40 ribu dari sebelumnya Rp55 ribu per kilogram (kg). Selanjutnya tomat yang saat ini mencapai Rp2 dari sebelumnya Rp5 ribu per kg.

“Harga bumbu dapur ini turun sejak dua hari yang lalu, dengan dibarengi stok yang tersedia. Meski turun, ada sejumlah komoditas lain yang juga naik namun tidak signifikan,” ujar Su’eb, pedagang Pasar Baru, Kamis (6/10/2022).

Tak hanya bumbu dapur, harga telur ayam horn juga turun sejak kemarin yakni Rp22 ribu dari sebelumnya Rp23 ribu per kg. Selain itu, daging ayam potong juga turun, yang mana saat ini harganya Rp33 ribu dari sebelumnya Rp40 ribu per kg.

Pedagang daging ayam potong, Bawon mengaku, turunnya harga ayam potong ini terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Biasanya menjelang maulid Nabi Muhammad, harga daging ayam potong ini naik, karena memang banyak warga yang membelinya.

“Dibanding tahun lalu, tahun ini harga ayam potong justru turun. Meski begitu, untuk besok, saya belum tahu apakah akan naik, turun, atau harganya bertahan dengan harga hari ini,” ujarnya.

Meski sejumlah komoditas turun, ada pula yang naik. Bawang merah misalnya, mencapai Rp30 ribu dan bawang putih yang mencapai Rp19 ribu per kg. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Stok Beras di Probolinggo Tersedia hingga Akhir Tahun

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …