Vakum 3 Tahun, Wisman Berkapal Pesiar Kunjungi Probolinggo

Probolinggo – Setelah sekitar tiga tahun vakum karena pandemi Covid-19, wisatawan asing (wisman) dengan kapal pesiar kembali mengunjungi Kota Probolinggo, Rabu (21/9/2022). Selain diajak untuk berkeliling kota (city tour), wisman dari berbagai negara ini dikenalkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kapal pesiar Le Laperouse yang mengangkut para wisaman bersandar di Pelabuhan Tanjung Tembaga. Puluhan turis kemudian diangkut menggunakan suttle bus untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Kota Probolinggo.

Di antaranya, Klenteng Tri Dharma Sumber Naga, Gereja Merah, Museum Probolinggo, hingga kunjungan ke lapak UMKM dan pasar tradisional.

“Alhamdulillah, setelah hampir tiga tahun kunjungan kapal pesiar ini tidak ada, hari ini adalah kunjungan perdana di Kota Probolinggo. Selain itu, kunjungan ini merupakan komitmen Kota Probolinggo untuk kunjungan pariwisata,” kata Plt Kepala Dinas Kepemudaan Pariwisata dan Olahraga Kota Probolinggo, Fajar Poernomo.

Sejumlah wisman menyatakan, kekagumannya saat mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah di Kota Probolinggo. Tidak jarang, turis yang sebagian besar dari Prancis ini mengabadikan tempat dan momen yang disaksikannya dengan kamera HP dan kamera digital.

Seorang wisatawan asal Prancis, Anne Marie mengaku, senang karena bisa menikmati suasana Kota Probolinggo. Ia mengatakan, sudah mengetahui beberapa destinasi wisata di Kota Probolinggo melalui internet, namun baru pertama kali datang.

“Meskipun cuaca cukup panas, namun saya senang dan menikmati suana Kota Probolinggo dengan destinasinya, meskipun baru pertama kali datang,” ujarnya.

Selain pada hari ini, Oktober dan November mendatang, kapal pesiar yang mengangkut wisman juga akan kembali singgah di Kota Probolinggo. Diperkirakan akan lebih banyak lagi wisman yang berkunjung ke Kota Bayuangga.(*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Tekan Laka Lantas, Pemotor Dapat Helm SNI Gratis

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …