Harga Tembakau Kian Meroket, Tembus Rp55 Ribu/Kg

Krejengan,- Harga jual tembakau di Kabupaten Probolinggo terus meroket. Para petani pun sumringah lantaran hasil panen tahun ini melampaui biaya tanam.

Seperti yang dituturkan petani asal Desa Sokaan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan. Menurut Hasan, tembakau miliknya saat ini dibeli tengkulak seharga Rp55 ribu per kilogram (Kg).

“Tadi malam punya saya laku ke tengkulak gengan harga Rp55 ribu/kg. Itu tembakau kualitas bagus, kalau tembakau dengan kualitas dibawahnya sekarang Rp42 ribu /kg,” ungkap Hasan, Jum’at (16/9/22).

Pekan lalu, sambungnya, harga tembakau rajang kering kualitas terbaik masih Rp49 hingga Rp50 ribu/kg. Sedangkan tembakau dengan kualitas dibawahnya, laku terjual seharga Rp40 hingga Rp42 ribu/kg.

Hasan menyebut, melejitnya harga tembakau bukan karena dampak dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Melainkan karena kualitas tembakau yang ditanam di tanah desanya memang bagus.

“Memang tembakau sini kualitasnya super semua, karena tanah sini memang bagus kalau diranami tembakau. Pasti beda tembakaunya dengan tembakau dari daerah lain,” bangganya.

Sementara itu, petani tembakau asal Desa Patemon, Kecamatan Krejengan, Gatot Handoko menyampaikan, manisnya harga tembakau belum dirasakan oleh para petani di desanya.

Sebab saat ini, papar Gatot, petani di Desa Patemon baru memasuki masa panen. Alhasil, tembakau yang dipanen masih daun bawah yang kualitasnya belum terlalu baik.

“Sekarang ini masih panen daun bawah ke tengah, kalau daun atas itu masih belum. Harganya masih sekitar Rp50 – Rp51 ribu/kg,” papar dia.

Disisi lain, meroketnya harga tembakau membuat para tengkulak kewalahan. Sebab persaingan antara tengkulak kian ketat sementara harga jual tembakau ke gudang tidak terlalu jauh dengan harga beli.

“Masuk ke gudang itu seharga Rp55 ribu/kg juga. Jadi ya gimana gitu, seperti saya juga repot kalau tidak menyetor, nanti saya tidak bisa nyetor ke gudang itu lagi,” ujar Muhammad Farihin, tengkulak tembakau asal Desa/Kecamatan Krejengan. (*)

Baca Juga  Larangan Minyak Goreng Curah Rugikan Pedagang Kecil

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …