Hadipro Diwarnai Pawai Budaya 70 OPD dan Masyarakat

Probolinggo – Setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19, pawai budaya untuk memperingati Hari Jadi Kota Probolinggo (Hadipro) digelar kembali, Sabtu (3/9/2022). Pawai budaya pada Hadipro ke-663 itu diikuti 70 kelompok dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Probolinggo dan masyarakat.

Ribuan warga pun berjubel menyaksikan pawai budaya yang dilepas dari depan Kantor Walikota Probolinggo, Jalan Panglima Sudirman itu sejak Sabtu siang hingga malam hari. Walikota Habib Hadi Zainal Abidin melepas pawai budaya dengan peserta pertama dari Marching Band Yon Zipur 10 Pasuruan itu.

Setelah itu diikuti penampilan sejumlah OPD Pemkot Probolinggo. Pawai budaya juga diikuti peserta dari Pemkab Probolinggo, Pemkab Pasuruan, Pemkab Pamekasan, dan daerah lain.

“Alhamdulillah membuat saya cukup berkesan karena antusias penonton serta peserta yang ikut cukup banyak, yang mana bukan hanya para OPD, namun dari umum juga ikut ambil bagian dalam rangka Hari Jadi Kota Probolinggo yang ke-663 tahun,” ujar walikota.

Para peserta yang ikut pawai budaya ini menunjukan budaya dan kesenian Indonesia. Di antaranya, kesenian pendalungan, musik klabang songo, Tari Untung Suropati dari Kabupaten Pasuruan, serta barongsai.

Start dari depan Kantor Walikota Probolinggo, rute pawai melintasi Jalan dr. Soetomo, Jalan A. Yani, dan finish di alun-alun. Ribuan penonton berjubel di sepanjang rute yang dilewati pawai budaya.

“Selain cukup meriah lantaran pertama di gelar usai dua tahun tidak digelar karena Covid-19, pawai budaya ini tidak di-support dengan APBD Kota Probolinggo. Murni dari OPD dan dari peserta yang ikut,” ujar Habib Hadi.(*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Sikapi Bencana di Probolinggo, Baznas Bentuk Tim

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …