Telur Ayam Meroket, Tembus Rp32 Ribu/Kg

Krejengan,- Harga telur ayam broiler di Kabupaten Probolinggo meroket sejak beberapa hari terakhir. Saat ini, Rabu (34/8/22), harga telur ayam jenis ini tembus Rp32 ribu per kilogram (Kg).

Salah satu peternak ayam telur broiler di Desa Opo-opo, Kecamatan Krejengan, Mohammad Yunus mengungkapkan, harga telur ayam ditingkat peternak paling tinggi sekitar Rp28 ribu/Kg.

“Harga dari peternak sekitar Rp28 ribu/kg. Setelah masuk ke toko-toko, itu harganya Rp32 ribu/kg,” ujar Yunus saat ditemui di kandang ayam miliknya.

Menurutnya, melonjaknya harga telur ayam broiler saat ini tak lepas dari biaya produksi yang terus membengkak. Selain bibit, harga pakan ayam juga naik.

“Ya biaya produksinya naik sekarang, konsentrat Rp980 ribu, sebelumnya hanya kisaran hanya Rp700 ribu per kwintal. Itu masih belum dikalkulasi dengan pakan tambahan seperti jagung dan vitaminnya,” ungkap dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Endang Rustiningsih mengakui jika meroketnya harga telur ayam broiler tak lepas dari harga pakan yang tinggi.

“Ya memang karena harga pakan ayam petelur tinggi jadi otomatis peternak juga harus menaikkan harga telur broilernya, jika tidak ya rugi peternak,” Endang menjelaskan. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga  KONI Probolinggo Jamin Asuransi BPJS untuk Atlet Porprov 2022

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …