Dapat Remisi, 5 Napi Bebas

Kraksaan – Mendapat remisi kemerdekaan, sebanyak lima narapidana (napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kraksaan langsung bebas. Secara simbolis, penyerahan remisi dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Probolinggo, HAM Timbul Prihanjoko saat upacara memperingati kemerdekaan Republik Indonesia di alun-alun Kota Kraksaan, Rabu (17/8/22).

Plt Bupati berharap kepada para napi yang bebas untuk kembali bisa bersosialisasi dengan masyarakat. Ia pun meyakini para napi tersebut bisa lebih baik daripada sebelumnya.

“Mereka kan sempat khilaf dan dengan pembinaan yang sudah dijalani bisa jadi mereka nanti malah lebih baik daripada sebelummya,” katanya sesaat setelah upacara.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan setempat, Fathur Rosi mengatakan, dari 392 warga binaan yang ada di rutan, pada peringatan kemerdekaan kali ini terdapat 254 napi yang mendapatkan remisi, 1-5 bulan. Dan lima orang di antaranya langsung bebas. Ia pun berharap, para napi yang bebas tersebut bisa meneruskan keahliannya yang sudah dilatih ketika menjadi warga binaan.

“Ada yang sudah pandai membatik, kami harap ini menjadi bekal mereka untuk kembali memulai beraktivitas di masyarakat dengan terus mengembangkan bakatnya ini,” terangnya.

Di sisi lain, Candra Edi Prasetyo (28) yang menerima langsung pemberian remisi tersebut dari Plt Bupati mengaku, sangat menyesali perbuatan yang telah menjerumuskannya ke dalam jeruji besi. Ia pun berjanji, akan menjadi pribadi yang lebih baik untuk membaur dengan masyarakat.

“Saya sangat senang sekali sudah bisa kembali ke masyarakat. Saya sangat menyesal dengan yang lalu, ke depan saya akan mulai usaha batik,” paparnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Teror Bondet Hantui Warga Tambelang Krucil

Baca Juga

Dituduh Jual Kayu, Paman Dibantu Anak Aniaya Ponakan Hingga Sekarat

Probolinggo,- Dituduh menjual kayu, bapak dan anak di Desa Wringinanom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, pada …