Korlantas Mabes Polri Survei Kamera ETLE di Probolinggo 

Probolinggo – Korlantas Mabes Polri melakukan survei akhir pemasangan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik dan kamera pengawas di sejumlah titik di wilayah Hukum Polres Probolinggo Kota, Senin sore (8/8/2022). Nantinya kamera yang di pasang di delapan titik ini selain dapat menindak pelanggaran, juga dapat memantau kondisi arus lalu lintas.

Titik yang didisurvei terletak di sejumlah lampu lalu lintas (traffic light). Yakni, Traffic Light Lawean dan Traffic Light Pilang. Dalam survei tersebut juga diukur lokasi pemasangan kamera ETLE dan kamera pengawas.

Kamera ini akan dipasang di sejumlah titik wilayah Hukum Polres Probolinggo Kota, yakni untuk Traffic Light Lawean akan dipasang kamera tindak dan kamera hitung atau analitik keluar masuk kendadaan, Traffic Light Pilang dan Traffic Light King akan dipasang kamera pantauan atau monitoring 360 derajat.

Selanjutnya, Traffic Light Randupangger akan dipasang kamera tindak dan kamera pantau dan jalan perbatasan arah timur Kabupaten Probolinggo akan dipasang kamera hitung atau analitik kendaraan keluar masuk.

“Ad tiga jenis kamera yang akan kami pasang, mulai dari kamera analitik yang di pasang di perbatasan, selanjutnya kamera ETLE dan kamera monitoring. Selain itu kami akan memperbaiki ruangan TMC di Polres-Polres yang sudah dipasang sehingga bisa digunakan maksimal,” ujar Kasubbag Harwat Korlantas Polri, AKBP Imara Utama.

Selain itu nantinya kamera-kamera yang dipasang ini didatangkan langsung dari Korea Selatan dengan spesifikasinya untuk ETLE resolusi 9 MP dengan kamera depan belakang, kamera monitoring dengan resolisi 3 MP dengan 30 kali zoom sejauh 2 km.

Nantinya ada sembilan Polres di Jawa Timur yang akan dipasang kamera ini, salah satunya Polres Probolinggo Kota, dengan masing – masing Polres akan dipasang delapan titik kamera.

Baca Juga  Kota Probolinggo Belum Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

“Nantinya di sembilan Polres ini akan ada delapan titik kamera yang dipasang di sejumlah traffic light, selain ini dengan dipasangnya kamera ini diharapkan dapat menambah pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah mengatakan, pemasangan kamera di titik-titik ini karena di titik tersebut terjadi troubel dan perbatasan dengan kota lain sehingga perlu monitoring. Selain itu kamera yang dipasang di tengah kota untuk memantau situasi, dan juga kamera penghitung kendaraan yang keluar dan masuk.

“Selain memoderenisasi transportasi dan sistem lalu lintas, serta masyarakat pengguna kendaraan bermotor lebih tertib berlalu lintas, baik menggunakan helm, hingga sabuk pengaman,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …