Pekan Depan, TNI-AU Latihan Tempur di Lumajang, Masyarakat Dipersilahkan Menonton

Lumajang,- Pada Rabu, 10 Agustus 2022 ini, di Kabupaten Lumajang akan berlangsung latihan tempur yang dilakukan oleh TNI Angkatan Udara (AU). Masyarakat bisa menyaksikan latihan tempur Sikatan Daya, yang akan digelar di Air Weapons Range (AWR) Pandanwangi, Kecamatan Tempeh.

“Hari ini saya menerima tamu Letkol Penerbang Wisnu Aji Prabowo (Kepala Dinas Operasi Lanud Abd Saleh). Rencana akan ada latihan tempur Sikatan Daya yang nantinya akan dilaksanakan pada Rabu, 10 Agustus 2022 mendatang,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam keterangannya, di Joglo Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Selasa (2/8/2022).

Thoriq menyampaikan, pihaknya akan mempersiapkan sarana maupun prasarana untuk masyarakat yang akan menonton prosesi latihan tempur tersebut. Seperti tempat parkir dan beberapa tempat kuliner, akan disediakan.

Bahkan, penyediaan tempat untuk masyarakat yang mau menonton akan segera ditentukan. Sebab, menurut Thoriq, jika tidak ditata dari sekarang, pihaknya khawatir akan terjadi apa-apa pasca latihan tempur itu berlangsung.

“Jadi hari Rabu kita perkenankan masyarakat untuk melihat, disisi yang lain kita akan mengatur, dan ini sekaligus sebagai konsep kami Military Tourism di Kabupaten Lumajang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Abd. Saleh, Letkol Penerbang Wisnu Aji Prabowo menjelaskan, latihan nanti akan melibatkan alutsista termodern milik TNI Angkatan Udara.

“Kegiatan ini nanti akan melibatkan Alutsista dari Angkatan Udara, baik itu pesawat tempur, pesawat angkut maupun helikopter,” jelasnya.

Tidak hanya itu, imbuhnya, ia juga mempersilahkan bagi masyarakat yang mau melihat prosesi latihan tempur itu di AWR Pandanwangi.

“Bagi seluruh warga masyarakat Lumajang yang ingin melihat latihan tempur, kami persilahkan untuk meramaikan kegiatan tersebut,” tuturnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Perahu Pemancing Pecah Dihantam Ombak, Nakhoda Hilang

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …