Ilustrasi

Musim Angin, Bakar Sampah Bisa Picu Kebakaran

Probolinggo – Kota Probolinggo sudah masuk ke peralihan musim yakni musim kemarau, yang ditandai dengan terjadinya Angin Gending. Dengan masuknya musim kemarau, Satpol PP, Linmas dan Damkar Kota Probolinggo mengimbau warga untuk tidak membakar sampah sembarang karena dapat memicu kebakaran.

Angin Gending di musim kemarau ini selain berpotensi terjadinya pohon tumbang, membuat rumah semi permanen roboh, juga dapat menjadi pemicu kebakaran lahan, hingga rumah dan bangunan.

Hal ini tak lepas dari warga yang kurang mengawasi saat membakar sampah, hingga membuang putung rokok sembarangan di tempat yang mudah terbakar.

“Sejak bulan Juni hingga 28 Juli 2022, tercatat telah sudah terjadi delapan kebakaran di Kota Probolinggo, yakni kebakaran lahan, kebakaran sampah, hingga kebakaran gudang toko,” ujar Kepala Dinas Satpol PP, Linmas, dan Damkar, Aman Suryaman, Sabtu (30/7/2022).

Kebakaran yang terjadi tersebut di antaranya kebakaran bekas batok kepala di Jalan Abdurrahman Wahid, Senin (27/6/22). Kebakaran yang dipicu bakar-bakar sampah yang terjadi di sebuah lapangan di Jalan Letjen Sutoyo, Sabtu (9/7/22). Serta kebakaran gudang toko ponsel, di Jalan dr. Soetomo, Senin (25/7/22).

Kebakaran ini jika dibiarkan dengan kondisi angin yang bertiup cukup kencang pada saat ini tidak menutup kemungkinan api dapat semakin besar, hingga merembet ke pemukiman warga, kususnya kejadian kebakaran lahan.

“Agar dapat mengantisipasinya terjadi kebakaran, saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk peduli dan mengawasi, serta tak ragu untuk mengingatkan jika melihat orang yang membakat sampah apalagi pembakaran tersebut tidak di awasi,” ujarnya.

Selain itu, Aman juga meminta kepada warga untuk melapor ke call center 112, jika melihat kebakaran, atau potensi kebakaran lahan yang di akibatkan pembakaran sembarangan.

Baca Juga  Pemusnahan BB, Pil Dextro dan Trex Mendominasi

“Semakin cepat melapor semakin cepat petugas Damkar tiba untuk melakukan pemadaman, dan petugas ini selalu stand by 24 jam, serta dengan 5 unit mobil Damkar yang sudah ready, kejadian kebakaran bisa dapat langsung ditangani,” imbuhnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Jaga Kebersihan Lingkungan, Belasan Armada Sisir Kawasan Lumajang selama Lebaran

Lumajang,- Untuk mengantisipasi membeludaknya sampah pasca Hari Raya Idul Fitrih 1445, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang …