KPU Jatim Ajak Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih dalam Pemilu

Probolinggo – Pemilih pemula menjadi perhatian bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur karena memiliki potensi besar dalam gelaran pemilu di setiap daerah. Untuk itu, KPU Jawa Timur mengajak pemilih pemula yang ke depan dapat membuat perubahan.

Hal itu diungkapkan Divisi Sosdiklih Parmas KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro dalam sosialisasi yang digelar di sebuah kafe di Jalan Pahlawan, Kota Probolinggo, Selasa (12/7/2022). Dikatakan pemilih pemuda memiliki peran besar dalam pelaksanaan Pemilu 2024, di mana jumlahnya sebesar 48%.

Selain itu, para pemilih pemula ini memiliki karakter kuat di antaranya, lebih toleran, berpikir terbuka, bersikap kritis dan analitis, serta haus perubahan.

“Selain itu, para pemilih pemula ini berkecenderungan akan menggunakan hak pilihnya seterusnya, memberikan hak suaranya untuk kemajuan,” ujarnya.

Selain itu, dalam acara dengan tema Sosialisasi Pendidikan Pemilih, segmentasi pemilih pemuda di daerah rawan konflik, ada tiga kota yang dipilih dalam sosialisasi ini salah satunya Kota Probolinggo, yang mana pada tahun 2013, terjadi kerusuhan.

“Selain itu, di Kota Probolinggo juga ada laporan dari Polresta bahwa dengan adanya Covid-19 kemarin juga rawan kriminalitas. Sehingga dengan mengajak pemilih muda dan pemilih pemula ini cukup besar, jadi jika tingkat parmas (partisipasi masyarakat, Red.) tinggi maka akan berpengaruh terhadap parmas pemilu,” imbuh Gogot.

Sementara, Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, KPU Kota Probolinggo, Radfan Faisal mengatakan, dalam pelaksanaan pemilu ada beberapa ancaman . Di mana ancaman dapat berdampak dalam pelaksanaan pemilu. Ancaman tersebut di antaranya berita hoax, politik uang, dan black and negative campaign.

“Salah satunya berita hoax, di mana sarana berita hoax ini yakni media sosial, serta aplikasi chat. Selain itu yang menjadi ancaman pemilu yakni politik uang yang biasa terjadi saat pemilu,” ujarnya. (*) 

Baca Juga  Peringati HSN, Pokja Jurnalis Kraksaan Futsalan Bersarung

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …