Pastikan Pemotongan Hewan Aman, Danrem Kunjungi RPH

Probolinggo – Komandan Korem 083 Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Yudhi Prasetiyomengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Rabu siang (6/7/2022). RPH yang dikelola Pemkot Probolinggo itu dinilai layak dan siap menjadi tempat pemotongan hewan di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Danrem didampingi Dandim 0820, Letkol Arh. Budi Cahyono serta Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP), Aries Santoso langsung meninjau fasilitas RPH. Mulai dari alat potong yang digunakan hingga prosedur hewan yang hendak dipotong.

“Dari pantauan, seluruh prosedur di RPH sudah dilaksanakan mulai dari disinfektan, pemeriksaan hewan, serta prosedur lain, sehingga RPH ini siap untuk melakukan pemotongan hewan,” ujar Danrem 083.

Sebelumnya Danrem 083 bersama Dandim 0820 mengecek pos-pos penyekatan hewan ternak di beberala lokasi, salah satunya di Pasar Hewan Wonoasih.

Petugas gabungan yang bertugas di pos penyekatan terdiri atas, personesl TNI, Polri, dan Pemkot Probolinggo diketahui telah menerapkan prosedur ketat. Mulai dari pencegatan kendaraan pengangkut ternak, pengecekan, hingga pencatatan hewan ternak.

“Kami berharap petugas gabungan TNI dan Polri ini dapat menjalankan tugas dari atasan. Sehingga wabah PMK khususnya di Jawa Timur ini dapat dikendalikan, serta tidak menjadi besar dan berkembang ke wilayah lain,” imbuh Kolonel Inf. Yudhi Prasetiyo.

Sementara Aries Santoso mengatakan, wabah PMK ini membuat jumlah hewan yang dipotong di RPH menurun. Dikatakan DPKPP tak henti-hentinya terus melakukan edukasi kepada para jagal untuk melakukan pemotongan hewan di RPH yang sudah bersertifikat halal dari MUI.

“Sudah dipastikan produk daging yang keluar dari RPH ini dijamin halal dan aman. Sehingga kami berharap masyarakat sudah bisa memilih produk daging dari RPH ini,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Sempat Menipis, Stok Darah AB dan B di PMI Kembali Normal

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …