Handsanitizer Langka? Yukh Racik Sendiri

KANIGARAN-PANTURA7.com, Merebaknya wabah Virus Corona atau Covid-19, membuat warga melakukan panic buying (pembelian panik). Sejumlah produk kesehatan yang dianggap mampu mencegah penyebaran virus mematikan itu pun, diborong warga.

Akibatnya, komoditas medis seperti masker, handsanitizer disinfektan alami kelangkaan. Banyak apotik dan toko sudah tidak menyedikan alat kesehatan tersebut sejak sebulan terakhir.

Atas hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, memberikan tips untuk membuat cairan antiseptic sendiri. Cara ini bisa menjadi alternatif untuk membuat cairan pembersih tangan secara mudah namun hemat.

Bahan yang diperlukan untuk meracik hand sanitizer antara lain, isoprophil alcohol, vegetable glicerin, hidrogen peroksida, dan air mineral. Bahan-bahan ini kemudian dicampur sesuai takaran masing-masing.

“Dari segi ekonomis, ini lebih murah. Karena bahan-bahannya mudah didapat di apotek dan toko bahan kimia,” kata apoteker Suhartono, Selasa (17/3/2020).

Racikan dan bahan hand sanitizer ini, menurut Suhartono, sudah sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan asosiaasi kesehatan dunia, WHO (World Health Association). “Ini resep hand sanitizer yang dianjurkan WHO,” paparnya.

Sekedar informasi, penggunaan cairan pembersih tangan dinilai efektif untuk memotong penyebaran virus corona. Virus mematikan ini biasanya menular melalui cara bersalaman atau saat tangan seseorang memegang atau menempel terhadap benda yang sebelumnya terpapar virus corona. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Karta Laweyan Produksi Cairan Disinfektan, lalu Dibagikan Gratis

Baca Juga

Tenang! Pasokan Listrik Jawa Madura hingga Bali Aman Jelang Idul Fitri

Probolinggo,- PT PLN (Persero) terus berupaya menjaga keandalan listrik selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah. …