Duh! Dua Emak-emak Curi Tas Isi Uang di Dua Toko Mainan

Probolinggo,- Dua emak-emak berkerudung beraksi mencuri di dua toko mainan di wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo, Senin (20/6/2022). Salah satu pelaku mengalihkan perhatian karyawan toko, pelaku lain beraksi dengan mengambil tas dan dompet di dua toko mainan.

Lokasi pertama yang menjadi sasaran emak-emak ini berada di Jalan Kyai Sekar, Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Usai memarkir kendaraannya, dua pelaku langsung masuk ke dalam toko.

Di dalam toko, salah satu pelaku berpura-pura bertanya mainan ke salah satu karyawan. Hal ini untuk mengalihkan perhatian karyawan tersebut.

Setelah karyawan lengah, pelaku lain mengambil tas yang berada di sekitar kasir.

“Setelah salah satu pelaku urung membeli mainan dan pulang, barulah pemilik toko yang juga pemilik tas Bu Kusnawiyah (32) datang. Ia mengaku, kaget melihat tasnya sudah tidak,” ujar Ifan Wahyudi.

Setelah dicek di CCTV, ternyata tas yang ditaruh di bawah monitor CCTV dicuri oleh salah satu emak-emak. Dalam CCTV tersebut terlihat setelah seorang pelaku mengalihakan perhatian karyawan, pelaku lain mengambil tas dan memasukkan tas tersebut ke dalam roknya.

Tas yang dicuri pelaku berisi SNTK motor, uang Rp500 ribu dan beberapa barang. Setelah pelaku berhasil mengambil tas, pelaku yang menggunakan motor matik kemudian kabur ke arah barat.

“Setelah kejadian, pemilik toko kemudian melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Leces, beserta bukti rekaman aksi pencurian tersebut,” imbuh Ifan.

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Leces, Aipda Eko Apriyanto membenarkan, kejadian tersebut. Dikatakan korban sudah datang ke Polsek dan melaporkan tas berisi STNK dan uang sebesar Rp200 ribu dicuri.

“Dari hasil rekaman CCTV, dua pelaku ibu- ibu mengambil tas korban,” katanya. Saat ini polsek masih melakukan penyelidikan.

Baca Juga  Curi 15 Laptop, Komplotan Pencuri Dibekuk

Setelah beraksi di toko mainan di Kecamatan Leces, emak-emak ini juga beraksi di toko mainan di jalan Sunan Ampel, Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo.

Sama seperti di toko mainan di Leces, emak-emak yang mengendarai motor matik Honda Beat tanpa plat nomor ini datang dari arah barat. Setelah masuk, salah seorang pelaku berpura-pura tanya mainan kepada karyawan.

“Selain melayani salah satu pelaku, saat itu juga ada orang lain yang juga akan membeli mainan, sehingga saya tidak fokus kepada pelaku lain yang mengambil dompet di etalase kasir,” ujar salah satu karyawan, Putri Amelia.

Setelah salah satu pelaku berhasil mengambil dompet berisi uang Rp500 ribu, emak-emak tersebut kemudian meninggalkan toko dengan alasan akan kembali lagi dengan mengajak anaknya.

Setelah pelaku kabur, karyawan kemudian mengecek CCTV. Akhirnya diketahui bahwa dompet berisi uang Rp500 ribu yang sebagian uang toko dicuri oleh emak-emak ini.

“Selain melakukan pencurian di toko tempat saya kerja, pelaku juga melakukan aksi serupa di sebuah toko di Kecamatan Leces. Kejadian ini sudah di laporkan ke pihak kepolisian,” imbuhnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Modus Beli Makanan, Pengamen asal Lumajang Justru Curi Motor

Probolinggo,- Silo (29) pengamen asal Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang dibekuk Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Ia …