Sempat Turun Pasca Penetapan Plasi, Bawang Kembali Naik

Probolinggo – Sempat turun pasca penetapan potongan timbangan (plasi), harga bawang merah yang harganya sempat turun akhirnya kembali naik. Kenaikan harga bawang merah di Pasar Bawang Dringu, Kabupaten Probolinggo diduga karena pasokan dari petani berkurang.

Seperti diketahui, Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo bersama petani bawang merah dan pedagang menetapkan plasi sebesar 7,5% per kuintal. Artinya, setiap kuintal bawang merah ada pengurangan timbangan 7,5 kilogram (7,5%).

Kepala Pasar Bawang Dringu, Sutaman Effendi mengatakan, setelah penetapan plasi bawang merah sebesar 7,5% per kuintal, harga bawang merah di pasar bawang turun Rp2.000 per kilogram (kg) untuk semua ukuran bawang. Salah satu contoh, bawang super yang harganya Rp40.000 per kg turun menjadi Rp37.000 per kg.

“Selain mempengaruhi harga bawang merah, turunnya angka plasi ini juga disyukuri oleh petani. Sebab sejak 2017 lalu, plasi bawang merah ini mencapai 10% per kuinyal, yang dianggap merugikan petani bawang merah,” ujarnya, Sabtu (18/6/2022).

Meski harga bawang merah sempat turun, dua hari pasca penetepan plasi komoditas umbi lapis itu kembali naik Rp1.000-2.000 per kg. Bawang merah ukuran besar misalnya, yang awalnya Rp37.000 naik menjadi Rp38.000 per kg.

Hal ini diduga karena pasokan bawang merah dari petani berkurang. Hal itu juga terjadi di sejumlah daerah penghasil bawang di Jawa Timur seperti Ngawi dan Malang.

Kurangnya pasokan dari petani , kata Sutaman, dipicu sebagian petani gagal panen karena tanaman masih diguyur hujan. Bahkan, harga bibit bawang merah semakin mahal, dari Rp60.000 menjadi Rp65.000 per kg.

“Diprediksi harga bawang merah ini akan tetap tinggi mengingat faktor tadi yang mempengaruhi harga bawang, meski plasi bawang merah turun menjadi 7,5% per kuintal,” pungkas Sutaman. (*)

Baca Juga  Kabur Gondol HP, Pencuri Tinggalkan Motornya

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …