Ratusan Jamaah Haji Diberangkatkan dari Wisata Miniatur Kakbah

Probolinggo,- Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Probolinggo melepas keberangkatan sebanyak 423 orang jamaah haji menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Jamaah dilelas di objek wisata religi Miniatur Kakbah Desa Curahsawo Kecamatan Gending, (16/6/2022).

Jamaah haji ini tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 19 Embarkasi Juanda Surabaya ini berjumlah 423 orang. Mereka didampingi tujuh orang Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Probolinggo. Selain itu juga bersama tambahan 20 orang jamaah haji dari Kabupaten Mojokerto.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono mengatakan, pemberangkatan jamaah haji tahun ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya karena adanya Covid-19 tempo hari, selama dua tahun vakum terlebih dahulu.

“Cuma jumlahnya berkurang tidak seperti tahun-tahun sebelum adanya Covid-19. Kalau sebelumnya bisa 800 orang, sekarang hanya separonya 423 orang yang bisa diberangkatkan. Alhamdulillah, daripada dua tahun kemarin tidak ada yang berangkat,” kata Soeparwiyono.

Dikatakan memang jamaah haji diberangkatkan hanya separonya. Akan tetapi fasilitas yang diberikan oleh Pemkab Probolinggo kepada para jamaah haji tetap seperti tahun-tahun sebelumnya dan tidak ada perubahan sedikitpun.

“Memang sejak beberapa tahun yang lalu, pemerintah daerah selalu memfasilitasi jamaah haji dari pemberangkatan sampai Asrama Haji Sukolilo termasuk tasyakuran pemberangkatan. Sudah kita siapkan bus dan sarana yang lain termasuk pulangnya kami fasilitasi,” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bahtiar mengatakan, secara umum tidak ada kendala dalam persiapan pemberangkatan jamaah haji. Untuk hal-hal kecil memang ada tetapi sudah bisa diatasi. Tentunya ini berkat kerja sama semua pihak.

“Untuk kesehatan jamaah haji, secara umum sudah sehat semua. Ada beberapa memerlukan pendampingan khusus karena ada yang baru selesai operasi kemudian yang kami lakukan pemantauan. Harapannya nanti melaksanakan ibadah haji dapat berjalan lancar,” ujarnya. (*)

Baca Juga  DPMD Belum Bisa Pastikan Gelaran Pilkades

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Keluarkan Maklumat, MUI Kabupaten Probolinggo Larang Patrol Sahur

Probolinggo,- Dalam rangka datangnya bulan Ramadan 1445 H, Dewan Pimpinan (DP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) …