8 Titik Genangan, BPBD: Hujan-Angin Masih Akan Terjadi

Probolinggo – Hujan deras selama sekitar lima jam yang mengguyur Probolinggo, Selasa malam (31/5/2022) membuat sejumlah titik di Kota Probolinggo tergenang. Genangan di sejumlah titik ini juga dipicu air laut sedang pasang.

Terkait hujan deras tadi malam, sebenarnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah mengeluarkan peringatan dini. Peringatan ini juga berlaku bagi Kota Probolinggo akan adanya potensi curah hujan sedang hingga tinggi di sertai angin dan petir hingga dua hari ke depan.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo, ada delapan wilayah tergenang akibat hujan Selasa malam. Yakni, di Jalan Sunan Kalijaga gang 2 Kelurahan Jati, Jalan KH. Hasan Genggong gang Melati, dan Gang Damai, Kelurahan Sukoharjo, Jalan KH. Mansur gang X Kelurahan Mangunharjo.

Selanjutnya, Jalan HOS Tjokroaminoto, Jalan Pahlawan, dan Jalan Panglima Sudirman jalan Cut Nyak Dien. Rata – rata ketinggian genangan ini bervariasi antara 20-60 Cm.

“Kondisi genangan yang terjadi ini selain hujan deras dengan intensitas lama, juga karena air laut yang sedang pasang sehingga air sungai meluap ke pemukiman, meski begitu pukul 02.00 malam air laut surut, dan perlahan genangan di 8 titik juga surut,” ujar Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo, Rabu (1/6/2022).

Selain itu, surutnya genangan di sejumlah titik ini dipercepat dengan upaya petugas BPBD Kota Probolinggo yang melakukan penyedotan air dengan mesin penyedot. Sehingga air genangan dengan cepat surut.

Untuk mengantisipasi terjadinya genangan, BPBD sendiri telah menyiagakan personel TRC dan Relawan PB. BPBD juga menyiagakan mesin penyedot air guna mengantisipasi kondisi terjadinya genangan kembali.

“Saya mengimbau kepada masyarakat dimohon untuk tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem akhir- akhir ini. Warga hendaknya membersihkan selokan dan mengamankan barang berharga ke tempat yang tinggi,” imbuhnya. (*)

Baca Juga  Empat Perwakilan PT SKI Diperiksa Polisi

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Berusia Hampir 3 Abad, Begini Sejarah Berdirinya Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menggelar upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278, Kamis (18/4/24) …