Tiga Jalur PPDB SD-SMP di Kota Probolinggo Dibuka

Probolinggo – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (P2DB). Ada lima jalur P2DB yang dibuka di antaranya, jalur keluarga kurang mampu dan jalur prestasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdikbud, Moch. Maskur. Dikatakan saat ini sudah dibuka P2DB dari tiga jalur yakni, jalur afirmasi, jalur kepindahan orangtua, dan jalur prestasi. Dari 3 jalur yang telah dibuka ini total kapasitas setiap sekolah yakni 35%.

“Tiga alur ini sudah dibuka sejak 23 Mei hingga 27 Mei 2022 dengan masing-masing sekolah SD dan SMP kuota afirmasi 15%, prestasi 15% dan kepindahan orangtua 5% dari pagu sekolah. Pastinya ada syarat untuk afirmasi yang harus dilampirkan yakni, KIP, KKS, dan Kartu Bestari/Pendalungan,” ujarnya.

Selanjutnya jalur kepindahan tugas orangtua, di mana untuk melalui jalur ini, peserta didik wajib melampirkan surat kepindahan orangtua sebagai syarat. Dan selanjutnya untuk jalur prestasi ada dua yakni non-akademik dan akademik.

Untuk non-akademik atau bisa disebut prestasi olahraga atau kesenian dan sertifikat juara bisa dilampirkan sebagai syarat. Sedangkan untuk syarat akademik, siswa tersebut harus berprestasi di bidang akademik dari nilai rapor semerter ganjil mulai kelas 4 hingga kelas 6 memiliki akumulasi peringkat 1 sampai 5.

“Nantinya, setelah tiga jalur ini selesai dibuka, maka selanjutnya untuk PPDB akan di buka melalui jalur zonasi, dimulai Juni, kemudian dilanjutkan dengan jalur pemenuhan pagu sekolah. Selain itu ada satu jalur lagi yakni, jalur hafal Alqur’an,” ujarnya.

Bagi walimurid yang ingin tahu terkait teknis PPDB, Disdikbud Kota Probolinggo membuka posko tepatnya di halaman depan kantor. Posko ini membuka pelayanan mulai pukul 08.00 hingga pukul 13.30. (*)

Baca Juga  G20 Sukses Digelar, Bisa jadi 'Role Model' Jelang Pemilu 2024 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …