Banjir di Gending Capai 1 Meter, ini Kesaksian Warga

Probolinggo – Hujan yang mengguyur Probolinggo sejak Kamis pagi (26/4/2022) membuat sejumlah wilayah diterjang banjir. Salah satunya Jalan Raya Sebaung, Kecamatan Gending, yang digenangi banjir sedalam sekitar 1 meter.

Banjir menggenangi ratusan rumah warga warga sejumlah desa di wilayah Kecamatan Gending.

Pantauan PANTURA7.com, banjir yang menerjang wilayah di Kecamatan Gending terjadi sejak pukul 08.00. Diawali hujan sejak pukul 04.00, air perlahan naik hingga akhirnya berada di titik tertinggi 1 meter lebih.

Akibatnya, ratusan rumah di Desa Gending terendam banjir. Tak hanya itu, akibat tingginya air, warga terpaksa memindahkan barang berharganya ke tempat yang aman.

“Air mulai naik beberapa jam usai hujan turun, hingga puncak tertinggi berada di setinggi 1 meter lebih, dan banjir ini telah beberapa kali terjadi saat wilayah Gending ini di guyur hujan deras,” ujar Gimun, warga Gending.

Tak hanya mengakibatkan ratusan rumah terendam air, akibat banjir ini, jalan raya Sebaung, yang menjadi penghubung desa dan kecamatan tak dapat dilewati, lantaran genangan cukup dalam.

Selain itu, banyak pemotor yang nekat menerjang banjir hingga mengakibatkan motornya mogok. Tidak ingin terjadi hal serupa, banyak warga pengguna jalan terpaksa menunggu air surut agar bisa melintas.

“Banyak warga menyelamatkan barang berharga lantaran tingginya air, dan sampai pukul 12.30, tidak ada petugas yang datang ke lokasi,” ujar Roni.

Hingga kini, ada dua kecamatan yakni Kecamatan Gending, dan Kecamatan Pajarakan yang terdampak banjir. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Intensitas Hujan Tinggi, Penjual Bibit Tembakau Ketiban Berkah

Baca Juga

Jadi Korban Tabrak Lari, Pemotor Lansia Meninggal di Jalur Pantura Wiroborang

Probolinggo,- Kecelakaan tragis terjadi di Jl. Panglima Sudirman, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Senin …