NYARIS LUDES: Warga dan Damkar berhasil memadamkan api di rumah makan sebelum membesar. (foto: Ainul Jannah)

Lupa Matikan Kompor, Rumah Makan di Pajarakan Nyaris Ludes

Pajarakan,- Kebakaran terjadi di rumah makan Dusun Kancoan RT/03 RW/04 Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (25/5/22) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Informasi yang dihimpun, kebakaran yang terjadi pada pukul 01.34 WIB itu diketahui pertama kali oleh Ali (30), warga sekitar. Ia curiga dengan suara dan aroma kayu yang seperti terbakar.

“Saat itu saya kan di sebelah warung itu, mendengar suara tapi tidak tahu suara apa, dan saya mencium bau asap kayu bakar. Setelah saya cek keluar, ternyata ada asap hitam tebal dari warung itu,” kata Ali di lokasi.

Kemudian, lanjutnya, ia membangunkan penjaga warung yang kebetulan juga tetangga sebelah rumahnya. Kejadian itu juga dilaporkan ke Polsek Pajarakan.

“Setelah itu saya langsung ke Polsek (Pajarakan) melapor bahwa terjadi kebakaran serta ke petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Probolinggo,” paparnya.

Petugas Damkar Prio Yulianto menyebut, proses pemadaman api berlangsung sekitar satu jam. Pemadaman api sempat terkendala rooling door yang terkunci sehingga petugas kesulitan masuk ke dalam bangunan.

“Jika dilihat dari bekas kebakaran pasca kejadian, kemungkinan penjaga rumah makan ini lupa untuk mematikan kompor. Karena regulator dan selang tabung gas juga terbakar habis yang kemudian merembet ke kayu yang ada diatasnya,” papar Prio.

Kapolsek Pajarakan Iptu Eko Purwadi mengatakan, berdasarkan keterangan saksi dan pengecekan di Tempat Kejadian Perkara (TKP), diduga kuat petaka itu terjadi karena ada kompor gas di dalam warung yang lupa dimatikan, sehingga menyulut api.

“Diduga kejadian disebabkan karena penjaga warung lupa mematikan kompor. Kerugian dari kejadian tersebut menurut Weny sebagai penanggung jawab rumah makan, sekitar Rp50 juta lebih,” Eko menjelaskan. (*)

Baca Juga  Tabrak Becak, Pengendara Motor Tewas

 

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT

 

 

 

Baca Juga

Gunung Semeru Kian Rutin Erupsi, Warga Diminta Selalu Waspada

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, kembali erupsi dengan letusan abu vulkanik setinggi …