Kasi Keswan dan Kesmavet Dispertahankan Kota Probolinggo, drh. Vaiga Miriami (Foto: Hafiz Rozani).

76 Sapi Positif PMK dan 1 Mati di Kota Probolinggo

Probolinggo – Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Probolinggo yang sebelumnya dilaporkan ada suspect kini dilaporkan 76 sapi postif PMK dan satu mati. Dispertahankan mengimbau, jika sapi milik warga terindikasi PMK untuk sementara di karantina dan tidak dibawa ke pasar sapi.

Hal ini disampaikan Kasi Keswan dan Kesmavet Dispertahankan Kota Probolinggo, drh. Vaiga Miriami. Dikatakan dari data per hari Senin (25/5/2022), terdapat 76 sapi di Kota Probolinggo positif PMK, serta ada satu sapi mati.

“Kasus positif berawal pada tanggal 13 Mei, ada temuan delapan sapi, dan dari situlah hingga saat ini sudah ada 76 ekor sapi yang positif, serta temuan kasus mati yakni satu ekor pedet atau anak sapi, karena anak sapi rentan terhadap PMK,” ujarnya.

Dari 76 kasus positif ini, untuk kondisi sapi bervariasi mulai dari ringan, sedang, hingga berat. Namun untuk sapi kasus positif temuan awal tanggal 13 Mei, kondisinya berangsur membaik. Namun demikian sapi-sapi ini belum di bisa dinyatakan sembuh, karena setelah 14 hari pasca dikarantina dan diobati.

Selain itu, banyak faktor virus PMK ini menular, mulai dari sapi dari daerah yang terlebih dahulu terserang virus PMK, serta budaya kurang membersihkan kandang sapi.

“Saya tetap mengimbau kepada pemilik sapi jika sapinya terindikasi PMK untuk dikarantina. Selain itu, kalau memang hendak dijual, jangan di bawa ke pasar, cukup transaksi di rumah. Namun alangkah baiknya diobati terlebih dahulu,” imbuh Vaiga.

Meskipun terdapat kasus positif, hingga saat ini Pemkot Probolinggo belum menutup Pasar Hewan Jrebeng Kidu. Namun untuk mengantisipasi oenyebaran PMK, Pemkot melalui BPBD Kota Probolinggo telah melakukan penyemprotan disifektan. (*)

Baca Juga  Kobra Teror Warga sekitar Stadion Bayuangga, Damkar Diterjunkan

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …