Source via: https://pixabay.com/id/photos/teater-rumah-film-kursi-bioskop-873241/

Inilah 4 Manfaat Memiliki ‘Home Theater’ di Rumah, Apa Saja?

Suasana menonton di rumah layaknya di bioskop menjadi impian banyak orang karena banyak manfaatnya. Salah satunya membuat keluarga semakin harmonis walaupun Anda dan pasangan sibuk bekerja. Anda bisa menggunakan home theater untuk menikmati sensasi menonton istimewa. Manfaat home theater beragam sehingga banyak diminati kaum milenial.

Home theater adalah suatu sistem audio yang bisa menghasilkan kualitas berbeda di setiap sisi Anda menonton film. Untuk jenisnya beragam, sebab semakin berkualitas home theater maka harganya semakin mahal. Namun harga tersebut sebanding dengan suasana berbeda di rumah Anda layaknya di Bioskop.

Beragam Keuntungan Punya Home Theater Sendiri

Kehadiran home theater membuat rumah semakin istimewa. Apalagi Anda dan keluarga bebas memilih film sesuai selera, pastinya tidak harus keluar rumah dan mengeluarkan banyak biaya. Berikut ada keuntungan memiliki home theater, antara lain:

1. Memaksimalkan Waktu Bersama Keluarga

Kebersamaan dengan keluarga membuat keakraban orang tua dan anak semakin kuat. Walaupun orang tua sibuk bekerja tetapi momen bersama anak tidak hilang karena bisa menonton film di rumah. Anda tinggal memilih waktu menonton film, anak-anak tak akan merasa kesepian karena orang tua memiliki waktu khusus di rumah.

2. Lebih Hemat

Home theater menjadi sarana hiburan paling hemat dan berkesan. Walaupun menonton film satu keluarga, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket menonton film dan kebutuhan lain seperti uang transportasi. Cukup menikmati suasana di rumah dan menonton film favorit, Anda bisa menyediakan cemilan dan minuman agar suasananya semakin istimewa.

3. Memiliki Kebebasan

Anda enggan mendesain interior home theater layaknya desain Bioskop namun monoton? Anda bebas membuat ide kreatif sesuai selera kepribadian Anda maupun keluarga. Otomatis, menonton home theater di rumah semakin menyenangkan dan menghilangkan kepenatan selama beraktivitas.

Baca Juga  Pol PP Cokok 9 PSK Bertarif Rp. 100 Ribu

4. Suasana Lebih Personal dan Private

Saat menonton film di luar, Anda bertemu banyak orang dan menonton film bersama. Hal tersebut membuat Anda kurang fokus dan mencerna makna dari film yang ditonton. Bahkan sulit mengekspresikan emosi karena malu banyak orang, bayangkan saja jika Anda menonton film sedih dan ingin menangis karena terbawa suasana. Sayangnya enggan menangis karena bisa dianggap aneh.

Sebaliknya, home theater membuat privasi lebih terjaga lantaran bebas mengekspresikan berbagai momen. Walaupun Anda menonton film sedih bersama suami, tak akan dianggap aneh karena hanya ada suami. Justru momen tersebut memunculkan keromantisan suami istri.

Tips Memilih Home Theater yang Tepat

Produk home theater semakin beragam sehingga masyarakat menjadi kesulitan dalam memilih. Agar tak salah pilih, berikut ada tips yang bisa diterapkan:

  • Memperhatikan ukuran ruangan

Sebelum membeli home theater, perhatikan ukuran ruangan tempat Anda meletakkan home theater. Jika ruangannya kecil, disarankan memilih home theater yang jumlahnya sedikit dengan ukuran kecil. Dengan begitu space yang dibutuhkan tak terlalu besar. Alhasil, suara yang dihasilkan lebih lebih didengar dan cocok didengar anak-anak.

Sebaliknya, jika ruangannya besar bisa memilih home theater dengan ukuran besar dan jumlahnya banyak. Jumlah yang banyak membuat orang sound system home theater bisa disebar di beberapa sudut ruangan.

Pastinya suara yang dihasilkan tetap fokus dalam ruangan dan terdengar lebih jernih. Pemilihan home theater yang tepat membuat Anda menikmati manfaat home theater secara maksimal.

  •  Fitur pendukung

Untuk menikmati keseruan menonton film melalui home theater, harus mengetahui fitur pendukungnya. Fitur pendukung tersebut meliputi ketersediaan port USB untuk memudahkan Anda menonton film di dalam softcopy, bahkan Anda bisa mencarinya dari fitur Web Browser.

Baca Juga  Penjual Masker Keluhkan Sepi Pembeli

Fitur pendukung lainnya terdapat mode musik dan MP3 Player yang memudahkan Anda memutar lagu favorit. Untuk menambah semangat, Anda bisa menggunakan lagu tersebut untuk karaoke. Jika bosan dengan musik MP3, Anda bisa memutar Radio FM.

  • Memiliki amplifier surround

Home theater berkualitas pasti memiliki komponen amplifier surround pada speakernya. Jika home theater pilihan memiliki komponen tersebut, artinya home theater berkualitas. Tetapi jika tak ada berarti bukan perangkat home theater atau perangkatnya tidak berkualitas dan tak ada merk.

Sejatinya, fasilitas amplifier surround membuat suara yang dihasilkan lebih kuat dan produk speaker pada umumnya. Umumnya, amplifier yang digunakan memiliki format Digital Theater System atau DTS dan Dolby Pro Logic II.

Kelengkapan fitur home theater menjadi fasilitas berkumpul keluarga zaman digital yang simple. Anda juga tidak perlu menghabiskan biaya besar untuk membeli home theater di rumah.

  • Menyesuaikan jumlah channel

Perlu diketahui, jumlah channel bervariasi karena tergantung jumlah speakernya. Umumnya ada 3 model yang sering ditemui, antara lain 2.1 Ch, 5.1 Ch dan 7.1 CH. Saat memilih speaker, Anda harus memperhatikan ruangan tempat meletakkan perangkat tersebut. Tujuannya untuk menyesuaikan jumlah channel sesuai ruangan yang tersedia.

Home theater memang tak harus selalu Android TV, Smart TV dan TV biasa juga bisa. Namun, Anda bisa menggunakan Android TV karena mudah disinkronkan dengan ponsel Android. Bahkan caranya mudah sehingga bisa dipraktekan sendiri. Anda bisa menikmati berbagai film berkualitas di rumah tanpa membeli perangkat mahal.

Masih bingung menggunakan Android TV untuk menikmati film home theater? Jangan bingung membelinya androidnya dimana karena bisa secara online melalui Blibli. Blibli menyediakan aneka merk Smartphone TV dan perlengkapan home theater  seperti speaker dan lainnya. Blibli menjamin kualitas produk dan original, alhasil home theater lebih awet dan bisa dijadikan cara menonton film setiap hari bersama keluarga.

Baca Juga  Sulap Kardus Bekas dan Stik Es Cream Jadi Hiasan Sekolah

Selain itu, metode pembayaran di Blibli fleksibel dan bisa dipilih sesuai selera. Bahkan proses pengiriman produk cepat dan dilengkapi alat pengaman seperti bubble wrap dan lainnya. Anda tinggal menunggu produk di rumah dan mendapat manfaat home theater walaupun malas keluar rumah membeli home theater.(*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …