Persiapan Idul Fitri, DPKH Akan Tambah Satu RPH

KRRAKSAAN, – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo berencana menyiapkan penambahan Rumah Potong Hewan (RPH). Saat ini, sudah berdiri enam RPH di beberapa kecamatan berbeda.

Kapala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi mengatakan, penambahan tersebut seperti di tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya itu, untuk RPH dalam waktu dekat ini akan kembali dioperasikan lagi meskipun Hari Raya Idul Fitri masih dua pekan lagi.

“RPH Kotaanyar saat hari-hari biasa kan tidak beroperasi. Nah saat lebaran nanti akan kembali dioperasikan. Belum tahu pastinya, tapi tidak sampai mepet ke Idul Fitri untuk pengoperasian RPH-nya nanti,” kata Yahyadi saat dikonfirmasi, Kamis (14/4/2022).

Dengan adanya satu tambahan RPH yang akan dioperasikan, lanjut Yahyadi, praktis saat Ramadhan akan ada tujuh RPH yang akan melayani pemotongan hewan milik masyarakat untuk kebutuhan lebaran. Untuk penambahannya, hanya satu RPH.

“Kalau biasanya itu kan hanya enam. Yakni RPH di Kecamatan Gading, Kecamatan Besuk, Krejengan, Maron, Banyuanyar dan Leces. Sedangkan untuk satu RPH nanti yang rencananya ditambahkan kali ini itu berada di Kecamatan Kotaanyar,” tutur Yahyadi.

Sejauh ini, sambung Yahyadi, dari enam RPH tersebut, setiap harinya memotong dua-tiga sapi per harinya. Akan tetapi, hal itu bisa juga bertambah sambil melihat permintaan maupun stok hewan di Kabupaten Probolinggo sendiri.

“Kalau untuk stok hewan, alhamdulilah masih aman sampai sekarang. Bahkan sampai Hari Raya Besar (Idul Adha) stok insyaallah akan tetap aman. Kami kemarin sudah menghitung dan sangat mencukupi untuk kebutuhan nya,” ujar Yahyadi.(*) 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Meriahkan Porkab 2021, KONI Libas Jurnalis Kraksaan

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …