BEM se-Probolinggo Demo Blokade Jalur Pantura, Tolak Kebijakan Pemerintah

Kraksaan,- Ratusan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Probolinggo Raya turun jalan, Kamis (14/4/2022) siang. Massa melurug kantor Bupati Probolinggo di Jl. Panglima Sudirman Kota Kraksaan.

Aksi massa sempat memanas setelah perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, tak satupun yang keluar untuk menemui massa. Massa pun memblokade jalur pantura Probolinggo-Situbondo arah timur ke barat, untuk melampiaskan kekesalannya.

Tak hanya itu, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Probolinggo Raya ini juga sempat membakar ban bekas. Praktis, arus lalu lintas jalur pantura pun lumpuh total.

“Kami tidak mau anarkis, hanya saja pemerintah kurang peka sehingga kami memutuskan untuk blokade jalan dan bakar ban. Seandainya ada perwakilan dari pemerintah keluar, mungkin tidak bakal seperti ini,” kata salah seorang peserta aksi, Hanisatut Taubah.

Dikatakan Anis, sapaan akrabnya, ada empat point tuntutan massa dalam aksi kali ini. Pertama adalah segera diselesaikannya masalah agraria di Kabupaten Probolinggo, lalu kedua masalah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Selain itu, imbuhnya, Kenaikan Pajak Pertambahan Nilai serta Wacana Penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan perpanjangan masa jabatan presiden, menjadi dua point tuntutan yang juga disampaikan mahasiswa.

“Kalau sampai tidak ada perwakilan pemerintah yang keluar, ya tetap kami tidak akan bubar barisan. Kami hanya ingin menyampaikan aspirasi kami sebagai mahasiswa, tidak lebih,” tutur aktivis perempuan asal Kecamatan Paiton ini berapi-api.

Aksi massa yang memblokade jalan membuat Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi turun tangan. Ia lantas menemui massa untuk meminta mereka membuka jalur demi lancarnya arus lalu lintas di jalur utama Pulau Jawa itu.

“Menyampaikan aspirasi boleh-boleh saja, tidak ada yang melarang, tetapi kalau sampai tindakannya mengganggu kelancaran arus lalin beda lagi ceritanya. Banyak kendaraan melintas sehingga faktor keselamatan massa dan kelancaran arus kami kedepankan,” tutur Kapolres.

Baca Juga  Jamaah Haji asal Kab. Pasuruan Tiba Pekan Depan, Terbagi dalam 3 Tahap

Hingga berita ini ditulis, aksi massa masih berlangsung. Namun blokade jalan perlahan mulai dilonggarkan. (*)

 

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Mandi di Sungai, Bocah di Purwosari Pasuruan Ditemukan tak Bernyawa

Pasuruan,- Bocah berusia 7 tahun, D-E-R-K, ditemukan meninggal dunia akibat diduga tenggelam di Sungai Babatan, …