Ada Pilkades, Pasar Hewan Melompong

Besuk,- Pasar Hewan Besuk di kompleks Pasar Besuk, Kabupaten Probolinggo, har ini Kamis (1702/22) melompong. Padahal biasanya, salah satu pasar hewan terbesar di Kabupaten Probolinggo ini penuh sesak.

Sepinya aktifitas jual-beli di Pasar Besuk tak lepas dari digelarnya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Probolinggo. Di wilayah Kecamatan Besuk saja, ada 12 dari 17 desa menggelar pilkades.

Ketua Paguyuban Pasar Besuk, Agus Salahuddin Wahid membenarkan jika pasar hewan sepi lantaran Pilkades. Ia menyebut, pedagang ternak sudah menyatakan tidak akan jualan saat Pilkades tiba.

“Saya tidak menghimbau para belandang (pedagang) sapi untuk libur, memang tidak ada himbauan dan larangan untuk beraktifitas di pasar (saat pilkades),” ungkapnya.

Salah seorang pedagang ternak yang berhasil ditemui, Qomar mengatakan, ia memilih libur jualan karena waktunya bersamaan dengan pilkades di desanya. Tidak hanya dirinya, pedagang lain pun ternyata memiliki sikap serupa.

“Setiap hari Kamis di Pasar Hewan Besuk sudah pasti ramai, karena hari Kamis memang khusus untuk jual beli sapi disini,” katanya.

Ia menambahkan, pedagang bakal kembali berjualan di Pasar Hewan Besuk, pekan depan. “Sekarang pilkades sedang berlangsung, dan (pedagang) menjaga TPS di sekitar rumah masing masing,” pungkas dia. (*)


Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Masjid, Gereja Hingga Pesantren di Probolinggo Disemprot

Baca Juga

Tabrak ‘Bokong’ Truk, Pemuda Krejengan Meregang Nyawa

Probolinggo – Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalur Pantura, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. …