Patroli dan Siskamling Persempit Ruang Gerak Curanmor

KRAKSAAN,- Kepolisian Sektor (Polsek) Kraksaan terus mempersempit ruang gerak para pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di wilayah hukumnya. Selain melibatkan opsnal Polres Probolinggo, pemerintah kelurahan dan desa juga dilibatkan.

Maraknya curanmor di wilayah hukum Polsek Kraksaan, beberapa hari belakangan ini, disikapi Polsek Kraksaan dengan menambah jam kerja patroli petugas, yang biasanya dimulai sore hari hingga pukul 12.00 WIB saat ini sudah berakhir di pukul 04.00 WIB.

Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto mengatakan, selain patroli dan berkoordinasi dengan pihak Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Probolinggo, pihaknya juga sudah memanggil perwakilan dari lima kelurahan dan 12 desa di wilayah hukumnya.

Nantinya, menurut Sujianto, peranan pemerintah desa maupun juga kelurahan untuk meningkatkan lagi Sistem Keamanan Keliling (Siskamling) di masing-masing wilayah, khususnya daerah atau titik rawan incaran para pelaku.

“Sambil lalu kami kembangkan kejadian-kejadian sebelumnya, kami juga tidak ingin kebobolan lagi. Oleh karena itu kami libatkan semua pihak desa dan kelurahan untuk mencegah, agar kami juga bisa fokus ke kasus-kasus sebelumnya,” kata Sujianto, Jumat (28/1/2022).

Siskamling nantinya, lanjut Sujianto, diminta agar aktif di malam hingga pagi hari, terlebih di jam pelaku beraksi yaitu sekitar pukul 02.00-04.00 WIB. Sedangkan untuk ketentuan siskamling, menurut dia, sudah diserahkan kepada pihak pemerintah terkait baik desa ataupun kelurahan.

“Apakah nantinya akan ada pergantian warga yang jaga atau bagaimana itu sudah dipasrahkan ke pihak desa atau kelurahan. Karena memang selama ini, siskamling di wilayah kami kurang maksimal, sehingga juga menjadi salah satunya sebab maraknya curanmor,” ungkap Sujianto.

Akan tetapi, sambung Sujianto, pihaknya juga meminta agar masyarakat tetap waspada dan jangan sampai memberikan kesempatan kepada para pelaku. Bukan berarti, dengan adanya siskamling, curanmor di wilayah hukum Polsek Kraksaan aman.

Baca Juga  PJU di Kraksaan Banyak Mati, Pengguna Jalan Mengeluh

“Jangan dianggap remeh loh ya, maraknya aksi curanmor akhir-akhir ini penyebab terbesarnya karena kelalaian para korban yang memberikan kesempatan kepada pelaku. Jadi lebih waspada saja selanjutnya,” ungkap mantan Kasatsabhara Polres Probolinggo ini. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …