Anak di Pesantren Masuk Daftar Sasaran Vaksinasi

PROBOLINGGO,- Vaksinasi kali ini menyasar anak-anak sebagai target utama. Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memilik stok kurang lebih sebanyak 32 ribu dosis vaksin Sinovac untuk anak yang disiapkan dari target sebanyak anak 100 ribu lebih.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Mujoko mengatakan, terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi terkait stok dosis vaksin Sinovac anak jika nanti ada kekurangan.

“Sebanyak 32 ribu dosis Sinovac itu memang khusus untuk anak-anak. Dan seiring dengan waktu kami terus berkoordinasi dengan provinsi untuk minta tambahan Sinovac, karena target kami itu masih ratusan ribu anak di Kabupaten Probolinggo,” kata Mujoko, Rabu (12/1/2022).

Untuk mencapai target, Dinkes akan melibatkan puskesmas-puskesmas. Sebab, vaksin Sinovac anak ini juga diperuntukkan kalangan santri dengan usia 6-11 tahun.

“Yang jelas, untuk vaksin anak ini kami mobile di tempat-tempat di mana di situ memang tempat anak-anak berada. Bisa di tempat pendidikan atau sekolah bisa juga di pesantren yang ada di Kabupaten Probolinggo,” ungkap mantan Kepala Puskesmas Gending ini.

Pemkab Probolinggo sendiri, lanjut Mujoko, menargetkan vaksin anak 100 persen tercapai dari total sasaran sebanyak 102.777 anak. Hal ini, hanya berlaku untuk anak di Kabupaten Probolinggo, sedangkan untuk anak di pesantren dari luar itu masuk di daftar sasaran tambahan.

“Dari target kami untuk anak itu yang NIK (Nomor Induk Kependudukan, Red.) di Kabupaten Probolinggo. Kalau anak dari luar daerah yang tinggal di pesantren itu bisa disuntik vaksin di sini, juga bisa di daerahnya sendiri tapi untuk target kami itu yang asli sini,” tutur Mujoko. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Simpan SS di Tas Cewek, Dua Pengedar Dibekuk

Baca Juga

Manfaat Mengkonsumsi Nasi Beku bagi Tubuh, Jaga Berat Badan dan Sembuhkan Diabetes

Probolinggo,- Mengkonsumsi nasi beku dalam beberapa waktu terakhir menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain membuat …