Tekan Kriminalitas dan Kecelakaan, Belasan CCTV Dipasang

PROBOLINGGO,- Menjelang pergantian tahun baru, dan selama perayaan Natal, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo telah memang 18 Closed Circuit Television Camera (CCTV) di tujuh lokasi berbeda di Kabupaten Probolinggo. Hal itu untuk mencegah kriminalitas dan kecelakaan.

Sebanyak 18 CCTV tersebut dipasang di Exit Tol Probolinggo Barat, Simpang 4 Pajarakan masing-masing sebuah kamera, Exit tol Probolinggo Timur, Simpang 3 kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kantor Bupati Probolinggo dan Simpang 4 Stadion Gelora Merdeka Kraksaan.

Untuk Kantor Bupati Probolinggo dan Stadion Gelora Meredeka Kraksaan, masing-masing tiga kamera dan titik terakhir yaitu di simpang 4 Kampung Melayu (ATCS) sebanyak empat kamera. Hal ini juga untuk membantu pihak kepolisian dalam pengamanan Nataru.

“Pertimbangan penentuan lokasi pemasangan CCTV ini adalah daerah yang rawan terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, juga lokasi yang rawan kejahatan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami, Senin (27/12/2021).

Selain itu, lanjut Taufik, pemasangan CCTV ini juga sebagai kelengkapan sarana informasi dan menjadikan sarana untuk melakukan pemantauan terhadap aktivitas lalu lintas di titik-titik strategis. Sehingga, kata dia, pihaknya sudah mempunyai rekam jejak untuk setiap kejadian.

“Kami mempunyai data dan informasi tentang situasi lalu lintas di Kabupaten Probolinggo, khususnya di titik-titik strategis sebagai dasar atau kajian kita dan sebagai sumber informasi dalam sistem manajemen keselamatan transportasi,” tutur Taufik.

Dengan adanya pemasangan CCTV ini Taufik berharap, kinerja Dishub akan lebih professional. Selain itu, dishub bisa menjalin sinergitas dengan jajaran samping termasuk kepolisian, khususnya Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Probolinggo.

“Di mana data dari CCTV ini nanti dibutuhkan jika ada kejadian-kejadian yang berkaitan dengan lalu lintas. Harapan saya CCTV ini dapat mendukung program smart city yang tentunya diawali dengan smart transportation,” ujar mantan Camat Gading ini. (*) 

Baca Juga  Kunjungi Pesantren Nurul Qodim, Anies: Hanya Ingin Silaturrahim

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Tolak Revisi RUU Penyiaran, Jurnalis Pasuruan Turun Jalan

Pasuruan,- Puluhan jurnalis di Pasuruan menggelar unjuk rasa di depan Kantor DPRD setempat, Rabu (15/5/24). …