Kota Probolinggo Belum Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Probolinggo – Sejumlah daerah di Indonesia sudah memulai vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Meski memiliki dosis vaksin yang cukup, Kota Probolinggo belum bisa melaksanakan vaksinasi anak. Alasannya, hingga Kamis (9/12/21) lalu, capaian vaksinasi untuk lansia masih di bawah 60%.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Kota Probolinggo, dr. Nurul Hasanah Hidayati mengatakan, vaksinasi bagi anak di Kota Probolinggo sesuai arahan dari pemerintah pusat. Yakni, Kota Probolinggo tidak termasuk dalam daftar 21 kota/kabupaten di Jatim yang menggelar vaksinasj bagi anak.

“Indikatornya, vaksinasi umum harus mencapai 70%, dan lansia 60%. Sedangkan Kota Probolinggo per Kamis (9/12/21) lalu, capaian vaksin umum dan lansia belum sesuai target. Sehingga pemerintah belum dapat memberikan rekomendasi Kota Probolinggo untuk memulai vaksin anak,” ujarnya, Jumat (17/12/2021).

Indikator daerah yang dapat melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yakni tingkat vaksinasi masyarakat secara umum dosis pertama berada di atas 70 persen dan vaksinasi lansia lebih dari 60 persen, terhitung sampai Kamis (9/12/21).

Meskipun belum dapat melaksanakan vaksinasi pada anak, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) setempat tengah berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Tujuannya untuk mengumpulkan data anak yang berusia 6-11 tahun, yang nantinya akan dipergunakan data vaksin anak.

Berdasar data terbaru, per Kamis (16/12/21), capaian vaksinasi dosis pertama lansia sudah mencapai 60,9%, sedangkan untuk capaian vaksinasi dosis pertama masyarakat secara umum sudah di angka 83,0%.

“Nantinya, jika sudah mendapat rekomendasi, anak usia 6-11 tahun akan menerima vaksin Sinovac. Ketersediaan vaksin Sinovac di Kota Probolinggo terbilang cukup banyak, yaitu sekitar 23.452 dosis,” ujarnya.

Intinya, dr Ida, panggilan akrab dr. Nurul Hasanah Hidayati mengaku, siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak 6-11 tahunm Sehingga ketika ada petunjuk dari pemerintah pusat untuk melakukan vaksinasi anak 6-11 tahun, Pemkot Probolinggo sudah siap.

Baca Juga  Patuhi Protokol Kesehatan, Kelurahan Kedunggaleng pun Bebas Covid-19

Hingga saat ini, Pemkot Probolinggo terus menggenjot vaksinasi baik vaksinasi umum, hingga lansia yang merupakan kelompok rentan. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …