MAYANGAN-PANTURA7.com, Berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh Forkopimka Mayangan, Kamis (19/3/2020) siang.

Mengusung gerakan Program Sapa Sehat Ceria, petugas melakukan sosialisasi pencegahan virus corona kepada para pengendara roda dua, tukang becak hingga sopir angkot. Bahkan penyemprotan disinfektan dilakukan terhadap becak dan angkutan kota (angkot).

Dalam pencegahan yang dilakukan di 2 titik, yakni Jalan Gatot Subroto dan Jalan Panglima Sudirman, Camat Mayangan, M.Abas mengatakan, penyebaran virus corona sejatinya bisa dipersempit dan bahkan bisa di cegah dengan cara perilaku hidup bersih dan sehat terutama dengan cara menjaga kebersihan.

“Dimulai dari hal termudah yaitu mencuci tangan dengan sabun dan cairan disinfektan setelah melakukan aktivitas serta mengurangi interaksi di pusat keramaian untuk mencegah penularannya,” Abbas menjelaskan.

Dikatan Abbas, selain pencegahan langsung pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama pengguna jalan, agar mereka berperilaku hidup sehat. “Seperti mencuci tangan, membersihkan lingkungan sekitar dan lain-lain,” ungkap dia.

Sementara itu, Kapolsek Mayangan Kompol Achmad Firman Wahyudi meminta masyarakat agar tetap bersikap tenang dan tidak panik.

Pihaknya juga memastikan, pemerintah daerah bekerjasama dengan stakeholder telah mengambil langkah-langkah pencegahan dan antisipasi.

“Guna menekan penularan virus corona, kita harus bergerak cepat dan memberi pemahaman bagi masyarakat bagaimana pentingnya menjaga kesehatan,” katanya.

Firman menambahkan, selain memberi edukasi tentang pola hidup sehat, tim gabungan itu juga memberikan pemahaman terkait pencegahan penularan virus corona yang saat ini kian masif.

“Beberapa sopir angkot, abang becak juga kita semprot cairan disinfektan. Pencegahan penularan virus Covid-19 itu, dimulai dari diri sendiri. Masyarakat diharapkan mencuci tangan setiap harinya dengan menggunakan cairan anti septik,’’ imbuhnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi