Waspada Heat Stroke Akibat Cuaca Panas, Air Putih Jadi Solusi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Cuaca panas ekstrem yang melanda Kota Probolinggo beberapa hari terakhir ini dikhawatirkan memicu sengatan panas (heat stroke). Dinas Kesehatan pun mengimbau untuk mewaspadai sengatan panas dengan banyak minum air putih.

Akhir-akhir ini suhu di Kota Probolinggo begitu panas dari 33 derajat hingga 38 derajat celcius. Hal ini menyebabkan rawan terjadinya sengatan panas.

Sengatan panas adalah suatu kondisi di mana suhu badan meningkat tajam dan tiba-tiba, dan tubuh tidak punya cukup waktu untuk mndinginkan diri. Salah satunya disebabkan cuaca panas yang begitu ekstrem.

“Kaget sih baru pertama kali ke Kota Probolinggo ternyata cuacanya panas. Makanya sampai habis air putih bergelas-gelas,” kata Marfu’ah Nurul Imaniyah, dara cantik asal Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Minggu (27/10).

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota Probolinggo meminta masyarakat harus mewaspadai cuaca panas seperti sekarang yang bisa menyebabkan heat stroke. Peningkatan suhu secara drastis ini, akibat paparan suhu panas dari lingkungan atau sinar matahari.

“Jadi heat stroke ini terjadi pada orang terkena paparan suhu panasnya di luar batas kemampuan tubuhnya,” kata Kepala Dinkes Kota Probolinggo, drg Ninik Ira Wibawati MQih melalui Kabid Kesehatan Masyarakat, dr NH. Hidayati.

Prosesnya dengan adanya panas, maka cairan tubuh akan lebih mudah menguap jika segera diganti dengan air putih banyak. Selain itu bahaya heat stroke bisa menyerang sampai ke otak. Kalau otak sudah kena, bisa berlanjut ke saraf-sarafnya.

Heat stroke bisa juga terjadi pada orang yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, dr Hidayati mengimbau masyarakat Kota Probolinggo untuk selalu mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak-banyaknya.

“Kalau bisa banyakin minum air putih. Standarnya minimal minum dua liter air. Tapi kalau panas gini lebih banyak minum akan lebih baik,” tambahnya. (*)

Baca Juga  Termakan Hoaks, Pedagang Pasar Gotong Royong Tutup Toko Hindari Vaksinasi


Penulis: Rahmad Soleh
Editor: Ikhsan Mahmudi


Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …