KPU Terima Dana Hibah Non-Pemilu Rp400 Juta

Probolinggo – KPU Kota Probolinggo menerima dana hibah non-pemilu dari Pemkot Probolinggo, Jumat (5/11/21) siang. Dana hibah tersebut akan dipergunakan KPU Kota Probolinggo untuk sejumlah agenda yang sudah disusun.

Dana tersebut diserahkan Pemkot Probolinggo di ruang pertemuan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol). Dana hibah non-politik yang di berikan kepada KPU tersebut sebesar Rp400 juta dari pengajuan sebesar Rp1,7 miliar.

“Kami berharap KPU Kota Probolinggo menggunakan dana hibah ini secara efektif dan efisien serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan yang berlaku, serta dapat mengoptimakan penyerapan anggaran dalam waktu singkat sesuai rencana dana hibah,” ujar Plt Kepala Bakesbangpol, Budi Hariyanto.

Selain itu, KPU Kota Probolinggo wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban dana hibah non-tunai kepada Walikota Probolinggo paling lambat 30 Desember 2021. “Selain itu untuk pengembalian silpa hibah kepada KPU Kota Probolinggo, juga dilaksanakan paling lambat 30 Desember 2021, melalui bendahara Bakesbangpol,” ujar Budi.

Sementara, Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan, permintaan dana hibah non-pemilu ini untuk mempersiapkan pemilu dan pilkada sehingga ada rangkaian kegiatan di luar tahapan, sehingga hal tersebut sebagai dasar.

“Sebelum mengajukan dana hibah non-pemilu ke Pemkot Probolinggo, terlebih dahulu pada awal tahun 2020, kita mengajukan review kepada KPU RI, dan dan review yang sudah diajukan tersebut pada Februari 2020 baru kami ajukan ke pemkot,” ujarnya.

Dari permintaan dana hibah KPU Kota Probolinggo kepada Pemkot Probolinggo sebesar Rp1,7 miliar barulah pada November 2021, Pemkot Probolinggo menyerahkan dana hibah non-pemilu sebesar Rp400 juta.

“Nantinya, dana hibah non-pemilu tersebut akan kami gunakan untuk program di antaranya sekolah kepemiluan, audensi, dan fasilitasi pemilih pemula serta pemutaakhiran data pemilih berkelanjutan Namun tentunya dana hibah ini akan kami gunakan dan kami pertanggungjawabkan,” imbuh Hudri. (*)

Baca Juga  Semak Belukar dan Hutan Bukit Bentar Terbakar 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Olah TKP Ledakan di Pasuruan, Polisi Temukan Potongan Tubuh

Pasuruan,- Tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) dan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pasuruan Kota melakukan …