PJU Baru di Kota Kraksaan Dianggarkan Rp300 Juta

KRAKSAAN,- Minimnya penerangan pada median Jalan Raya Kecamatan Kraksaan akhirnya direspon Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo. Dishub mulai mengganti beberapa lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalur Pantura, Kraksaan.

Kasi Pemeliharaan Dishub Kabupaten Probolinggo, Asminanik mengatakan, penggantian PJU dilakukan beberapa waktu lalu. Sebanyak 22 PJU baru mulai dipasang di taman pada median jalan tersebut.

“Betul, ada 22 PJU baru yang dipasang. Pemasangannya tepat berada di pinggir PJU lama, karena memang ada beberapa kendala PJU yang sebelumnya, ada yang mati ada juga kurang terang, ” kata Asminanik, Jumat (15/10/2021).

Pemasangan PJU baru itu, menurut Asminanik, lantaran kondisi PJU lama sudah sering rusak. Bahkan, kerusakan PJU terjadi tidak hanya sekali, dan lokasi PJU yang bermasalah tepat di jalur utama para pengguna jalan.

“Ya, sering rusak. Faktornya tetap karena usia, PJU lama itu sudah ada sejak dulu. Kabel-kabel yang ada pada PJU lama sudah tidak layak di gunakan lagi, sehingga hal itu jadi penyebab besarnya anggaran,” ujar Asminanik.

Dengan adanya PJU baru nantinya, lanjut Asminanik kerusakan PJU dapat terkontrol dengan baik. Sebab, per median jalan nantinya terpasang tiga PJU.

“Akan mudah mengontrolnya nanti. Karena, setiap median jalan akan terpasang satu meteran. Jadi misal ada yang mati, kontrol atau penangananya akan lebih mudah. Tidak terlalu fatal seperti sebelumnya,” katanya.

Sementara untuk anggaran PJU baru, sambung dia, sesuai dengan Rencana Kerja Dan Anggaran (RKA) Dishub, sebear Rp371 Juta. Di mana pengerjaanya dirampungkan Desember mendatang.

“Desember insya-Allah sudah selesai, dan dapat berfungsi. Untuk PJU lama nanti kita akan bongkar, karena sudah tidak layak lagi. Jadi jika merasa terganggu perjalannya mohon maklum,” ujarnya. (*)

Baca Juga  UMK Kota Probolinggo Diusulkan Naik 7,2% Jadi Rp2,5 Juta

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …