Gurami Asam Manis ala Warung Issed; Gurih di Lidah, Ramah di Kantong

KADEMANGAN,- Bagi penggila kuliner, menu Gurami Asam Manis di Warung Issed, di Kurahan Pohsangit Kidul, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, patut dicoba. Dengan lumuran saus asam manis khusus, gurami di Warung Issed menjadi menu andalan yang diburu pecinta kuliner.

Selain bumbu rahasia, ikan gurami olahan Warung Issed menjadi menu favorit karena ikannya fresh. Maklum, gurami yang disajikan diambil langsung dari kolam yang berada di belakang warung.

Pembuatan menu istimewa ini sejatinya sama dengan pembuatana gurami asam manis pada umumnya. gurami segar digoreng hingga masak kemudian ditiriskan. Selanjutnya, gurami dilumuri saus asam manis yang diracik sendiri oleh pemilik warung, Desi Nurhidayati (38).

“Yang spesial yakni saus asam manisnya. Saya ciptakan setelah bereksperimen seminggu yang lalu, saus asam manis yang menggunakan bahan dasar rempah-rempah kemudian disiramkan diatas gurami,” ujar Desi, Kamis (14/10/21).

Yang spesial dari gurami asam manis ini adalah proses penyajian serta saus asam manis yang memiliki rasa asam dan manis secara seimbang. Tentu saja, menu ini cocok jika disantap saat musim pancaroba seperti sekarang.

Satu porsi gurami asam manis diual seharga Rp25 ribu. Dalam sehari, sedikitnya 40 porsi gurami asam manis ludes disantap pembeli. Selain makan di tempat, pemburu gurami asam manis Warung Issed, juga dapat membelinya via online.

“Rata-rata para pelanggan ini memesan gurami asam manis karena saus asam manisnya disukai para pelanggan. Sehingga setiap harinya, saya menyiapkan saus asam manis cukup banyak,” imbuh Desi.

Sementara, salah satu pelanggan gurami asam manis, Rani Yusticia mengakui, ia sering membeli gurami asam manis karena sausnya yang cukup enak dan pas dengan ikannya. Alhasil, ia pun merasa ketagihan.

Baca Juga  Cerita Ahmad Ridhoi, GTT Yang Kini Sukses Menjadi Pengusaha Outbound

“Menikmati gurami asam manis di Warung Issed ini biasanya bersama keluarga, atau paling tidak bersama teman kerja saat jam istirahat. Slain enak, harganya cukup terjangkau,” ujar Reni. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Sasar Generasi Milenial, Emak-emak Kampung Baremi Produksi T-shirt Batik

MAYANGAN,- Kain mori biasanya digunakan sebagai bahan untuk membatik. Namun ditangan emak-emak warga Kelurahan Sukabumi, …