Otak ‘Alap-alap’ Curanmor di Kraksaan Akhirnya Dibekuk

KRAKSAAN,- Kepolisian Sektor (Polsek) Kraksaan berhasil mengamankan Danil Saputra Aditia (18) warga Kelurahan Selosari, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Sabtu (18/9/2021) sore. Ia diamankan karena diduga terlibat kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Informasi yang diperoleh, pria kelahiran Desa Tambaksari, Kecamatan Kemijen, Kabupaten Semarang itu diringkus sekitar pukul 16.00 WIB di sebuah rumah di Dusun Gilin, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Kapolsek Kraksaan, Kompol Sujianto mengatakan, penangkapan pelaku dari hasil pengembangan laporan dari Prianto Wibowo (44) warga RT 18 RT 006 Dusun Sumber Cengkelek, Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Saat itu, menurut Sujianto, korban bersama warga lainnya mengamankan pelaku terlebih dahulu di pinggir jalan masuk Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan. Saat itu pelaku dipergoki hendak membawa sepeda motor korban. Lalu, korban dan warga melaporkan kejadian itu ke polsek.

“Setelah mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara,Red,) pelaku memang sudah diamankan warga sekitar, lalu kami bawa pelaku ke mapolsek untuk pemeriksaan lebih lanjut bersama sejumlah barang bukti yang kami dapatkan di sana,” kata Sujianto, Senin (20/9/2021).

Dari hasil pemeriksaan sementara, lanjut Sujianto, pelaku sejauh ini tidak hanya terlihat curanmor saja, melainkan juga terlibat pencurian handphone (HP) sebanyak dua kali di Kecamatan Kraksaan. Sedangkan untuk curanmor, pelaku sudah beraksi di 12 TKP.

“Saat ini memang masih pemeriksaan serta mencari keterangan lainnya. Termasuk juga mencari pelaku lain yang sering dibawa yang bersangkutan saat beraksi dan juga kami masih belum mengetahui 12 TKP di mana saja di Kecamatan Kraksaan,” katanya.

Sementara keterangan lainnya, sambung Sujianto, pelaku juga mengakui tidak hanya kali ini terlibat kasus Curanmor. Akan tetapi, pelaku juga sempat ditahan atas kasus serupa di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) dua kali dan perkelahian di Surabaya dan Tuban.

Baca Juga  Alami Pendangkalan, Pemprov Jatim Segera Poles Pelabuhan Perikanan Mayangan

“Penuturan pelaku ini memang sudah lama tinggal di sini untuk mobile lokasi yang pas jadi sasarannya. Meskipun masih muda sudah residivis. Di Kecamatan Kraksaan kan pernah marak curanmor nah dia pelakunya atau otak dari semua kasus pencurian,” tutur pria asal Situbondo ini. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …