Wisata Gunung Bromo Dibuka, Okupansi Hotel Masih 5%

Probolinggo – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) telah membuka wisata Gunung Bromo dengan pembatasan 25% dari kapasitas, Kamis (9/9/2021) lalu. Pembukaan kembali wisata Bromo disambut baik oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), apalagi tingkau hunian (okupansi) hotel mulai terisi.

Ketua PHRI Kabupaten Probolinggo, Digdoyo P. Djamaluddin mengatakan, dengan telah dibukanya Gunung Bromo bagi wisatawan, menjadi angin segar bagi pelaku wisata. Soalnya selama dua tahun terakhir sejak pandemi Covid-19 merebak, para pengusaha hotel dan restoran di kawasan Bromo tidak mendapatkan pemasukan memadai.

“Alhamdulillah, dengan dibukanya Gunung Bromo disambut baik oleh pengusaha hotel dan restoran untuk kembali mendulang rupiah. Memang terhitung tiga hari pasca Bromo dibuka, okupansi hotel masih berada di kisaran 5%,” kata Yoyok, panggilan Digdoyo P. Djamaludidin.

Dikatakan selama Gunung Bromo ditutup, pemilik hotel dan restoran khususnya telah berupaya menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya vaksinasi seluruh karyawan hotel. bahkan, seluruh karyawan sudah menjalani vaksinasi tahap kedua.

“Saat iki kami berupaya bangkit, seiring telah dibukanya wisata Gunung Bromo. Selain itu, kami menjamin para tamu jika sewaktu- waktu Bromo kembali ditutup tamu dapat melihat Bromo dari kejauhan, atau pun dari tempat wisata di sekitar Bromo,” katanya.

Hal senada juga disampaikan pemilik travel “Juragan Bromo”, Soni Wahyu. Ia mengatakan, dibukanya wisata Gunung Bromo disambut baik pemilik travel wisata. Pasalnya selama ini, pemasukan dari wisata Gunung Bromo turun drastis, bahkan ada yang sampai alih ke beragam profesi.

Dengan dibukanya kembali wisata Gunung Bromo ini, para pemilik travel ini berharap agar wisata Gunung Bromo ini tidak lagi ditutup. Pembatasan wisatawan 25% agar bertahap bisa di tambah lagi.

Baca Juga  Kades Tamansari Kraksaan Dituding Aniaya Warga, ini Fakta Sebenarnya

“Sejak dibuka, travel milik saya sudah melayani wisatawan dari dari daerah, dari Jawa Tengah dan Jakarta yang berkunjung ke Gunung Bromo. Tentu kondisi ini dapat terus berlangsung sehingga perekonomian jasa pelaku wisata dapat kembali meningkat, sesuai apa yang disampaikan oleh Plt Bupati Probolinggo,” ujar Soni. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …