Bikin Warga Takut Keluar Rumah, ODGJ Diamankan

KRAKSAAN, – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mengamankan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang meresahkan warga di Desa Bulu, Senin (9/8/2021) siang.

Sejak lima hari lalu, ODGJ yang belum diketahui identitasnya itu sering mengamuk di lingkungan RT 002, RW 001, Dusun Sumber, Desa Bulu. Ia menempati sebuah rumah yang kebetulan kosong ditinggal oleh pemiliknya sejak beberapa bulan terakhir.

Absir, seorang warga sekitar mengatakan, tidak ada warga yang berani menegur ODGJ itu. Karena setiap harinya ODGJ itu selalu memegang senjata tajam seperti pisau, celurit, hingga keris. Benda tajam itu digunakan untuk memotong tanaman tembakau warga, merusak pipa aliran air dan sebagainya.

“Tidak hanya itu, ia juga merusak atap gubuk di sawah, dan asbes dapur warga bahkan juga sering membawa barang milik warga sekitar sampai mencuri ayam, yang kemudian ayam tersebut disembelih dan dibuang begitu saja,” kata Absir.

Hal senada juga disampaikan Suaidah warga lainnya. Dikatakan jika dari sejak kedatangan ODGJ tersebut, hampir setiap harinya di sekitar rumah layaknya ada orang yang dikarantina. Dalam artian, warga tidak berani keluar rumah.

“Baru hari ini kami berani karena kedatangan pak polisi ini, sebelumnya setiap paginya pasti tutup pintu karena memang dia sering ngamuk tapi tidak sampai melukai. Kalau bisa ya dibawa saja jangan sampai balik ke sini lagi,” harap dia.

Sementara itu, Koordinator Satpol PP Kecamatan Kraksaan, Widodo mengatakan, pengamanan ODGJ itu bermula dari pengaduan masyarakat. Lalu ia menghubungi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) pada Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah, setelah kami datangi dan kami bawa dia tidak mengamuk. Karena memang saat penjemputan kami tidak kasar dan tidak secara paksaan, hanya mau diajak setelah ditawari rokok satu batang,” ungkap Widodo. (*)

Baca Juga  Pertanyakan Laporan Akun FB, Warga Kalibuntu Datangi Polres

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Albafillah

Baca Juga

Butuh Uang untuk Hadiri Pernikahan di Jakarta, Pemuda di Lumajang Nekad Curi Motor

Lumajang,- Pemuda di Lumajang dengan inisial V (21), nekad mencuri motor dengan dalih untuk biaya …