Tembakau Mulai Panen, DPRD Pastikan Daya Tampung Gudang

PROBOLINGGO,- Banyaknya petani yang sudah panen tembakau disikapi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo. Hal itu mengetahui secara pasti kapan pembukaan gudang yang menyerap hasil panen para petani.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, Sugito mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak gudang. Tujuannya, untuk memastikan dan mengetahui informasi kesiapan gudang buka, dan mulai mengulak tembakau dari petani setempat.

Selain berkoordinasi perihal pembukaan gudang, menurut Sugito, pihaknya juga berkoordinasi daya tampung gudang. Salah satunya, gudang tembakau milik pabrik rokok PT Gudang Garam (GG) di Kecamatan Paiton sudah memastikan daya tampungnya mencapai 2.500 – 3.000 ton.

Tentunya, sambung Sugito, dengan menyiapkan daya tampung mencapai 3.000 ton sudah sangat bagus bagi petani tembakau. Sehingga, diharapkan kejadian tembakau tidak terserap seperti pada tahun sebelumnya tidak terjadi lagi.

“Untuk Gudang Garam sendiri pada tahun ini sampai 3.000 ton, dan ini bagus ditambah nanti juga kebutuhan dari gudang-gudang lainnya. Kami bersama Disperindag Kabupaten Probolinggo juga akan berkoordinasi dengan gudang lainnya,” kata Sugito, Jumat (30/7/2021).

Sementara untuk jadwal pembukaan gudang ataupun penentuan harga tembakau, Sugito mengaku, masih belum mendapatkan kepastian. Sebab, pihak Gudang Garam Paiton masih belum mendapatkan instruksi dari Gudang Garam pusat.

“Kalau untuk pembukaan dan penetapan harganya masih belum pasti kapan bukanya, tapi kami dan beberapa instansi terkait juga sudah menekankan untuk segera buka, kalau bisa pada awal Agustus ini, mengingat sudah banyak petani panen,” terang Sugianto. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Harga Cabai Rawit Kian Anjlok, Kini Rp10 Ribu/Kg

Baca Juga

Bawang Merah Probolinggo Tersisih di Kalimantan, Ternyata ini Sebabnya?

Probolinggo,- Bawang merah asal Probolinggo dan sejumlah daerah di Jawa dikabarkan tidak bisa masuk ke Kalimantan …