Diperpanjang, Belasan Warga Binaan Rutan Kraksaan Terima Asimilasi

KRAKSAAN,- Masa pemberian asimilasi terkait pandemi Covid-19 bagi warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Kraksaan diperpanjang hingga Desember mendatang. Sebelumnya, pemberian asimilasi itu diperkirakan akan berakhir Juli 2021.

Dengan adanya perpanjangan ini narapidana (napi) yang tidak bisa mendapatkan asimilasi pada 2020 lalu, masih berkesempatan mendapatkannya pada 2021 ini. Terlebih bagi napi yang sudah menjalani separo masa tahanannya.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Fathur Rosi mengatakan, syarat mutlak untuk mendapatkan asimilasi ini napi sudah menjalani separo masa pidananya. Selain itu, dua pertiga masa pidananya tidak batas perpanjangan.

“Kalau dua pertiganya lebih dari akhir bulan Desember, maka tidak akan dapat. Karena perpanjangannya hanya sampai akhir tahun itu. Salah satu faktor perpanjangan ini ialah semakin merebaknya penularan Covid-19,” katanya, Selasa (20/7/2021).

Selain hal tersebut, lanjut Rosi, sejak awal tahun lalu atau pada pemberian asimilasi tahap kedua ini sudah ada pengetatan seleksi. Di mana, napi yang lebih dari sekali menjadi warga binaan, sudah tidak bisa lagi mendapatkan asimilasi.

“Meski sudah menjalani separo dari masa kurungannya, kalau sebelumnya yang bersangkutan sudah pernah jadi napi, maka tidak bisa. Jadi sejak awal tahun sudah ada 133 napi yang dapat dan untuk bulan ini 14 napi saja,” ungkap Rosi.

Oleh karena itu, Rosi pun berharap, warga binaan yang mendapatkan asimilasi untuk terus berkelakuan baik di luar rutan. Sebab, ketika mendapatkan asimilasi atau sudah berada di luar rutan, pihaknya sudah tidak lagi memiliki tanggung jawab.

“Ya semoga saja, setelah mendapatkan asimilasi, mereka bisa merubah perilaku buruknya dan juga tidak jadi momok di masyarakat. Karena selama menjalani asimilasi mereka akan diawasi oleh pihak kepolisian dan pihak kejaksaan,” tutup Rosi. (*)

Baca Juga  Duh! 2 Ekor Sapi di Paiton Raib Digondol Maling

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Pemkab Pasuruan Siapkan Puskesmas Untuk Isolasi Pasien Covid-19

PASURUAN,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan mulai melakukan inventarisasi puskesmas yang layak untuk dijadikan tempat isolasi. …