Hingga Hari H, Penjualan Kambing Qurban Tetap Lesu

MAYANGAN,- Penjualan hewan qurban di Kota Probolinggo tahun ini benar-benar tak menguntungkan pedagang. Hingga Hari Raya Idul Adha tiba, penjualan hewan qurban tetap sepi.

Salah satu pedagang hewan qurban di Jl. Hayam Wuruk Kecamatan Mayangan, Bahri menjelaskan, dari total 106 ekor kambing dan domba yang ia jual tahun ini, hanya laku 103 selama 21 hari.

Harga domba yang dijual berada di kisaran Rp2 hingga Rp3,4 juta per ekor. Sementara harga jual kambing, Rp500 ribu hingga Rp1juta lebih lebih mahal daripada harga domba.

“Harga kambing dan domba tahun ini agak meningkat selisih sekitar Rp400 ribu dibandingkan tahun lalu,” kata Bahri, Selasa (20/7/21).

Menurutnya, hewan qurban yang ia jual merupakan piaraan sendiri yang memang dipersiapkan untuk hari raya Idul Adha. Hanya ia tak menyangka jika penjualan kambing dan domba di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat bakal anjlok.

“Penjualan kambing tahun ini menurun dari tahun sebelumnya karena dampak PPKM Darurat,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan pedagang kambing asal Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, yang berjualan di Jl. Sunan Ampel, Kedopok, Slamet (37). ia mengaku bahwa penjualan hewan qurban tahun ini menurun drastis dari tahun sebelumnya.

Jika pada Idul Adha sebelumnya ia mampu menjual 60 ekor kambing dan domba, namun tahun ini ia hanya mampu menjual 13 ekor kambing saja.

“Turun drastis dari tahun sebelumnya. Kambing yang saya jual tahun ini paling besar Rp5,2 juta dan yang kecil Rp2,5 juta, itupun masih banyak yang nawar,” papar dia.

Meskipun penjualan menurun drastis, namun ia tetap bersyukur dapat tetap berjualan kambing untik kebutuhan qurban. “Meskipun hanya terjual 13 ekor, namum kambing titipan orang yang di jual ini tetap laku” ungkapnya. (*)

Baca Juga  Sempat Menghilang, Pelaku Persetubuhan, Asal Gending Serahkan Diri

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Sepi penumpang, Pedagang Asongan Terminal Bayuangga Kehilangan Penghasilan

KADEMANGAN,- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak tanggal 3 Juli lalu, membuat terminal Bayuangga …