Satgas Ingatkan Tidak Takbir Keliling dan Salat Ied

KRAKSAAN,- Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengingatkan agar masyarakat tetap tidak memandang remeh aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Satgas pun melarang warga tidak mengadakan takbiran keliling. Warga juga diingatkan agar tidak bersikukuh melaksanakan salat Idul Adha baik di masjid maupun di musala. Sebab, jika terpantau maka satgas tidak segan-segan untuk mengambil dan memberi tindakan tegas.

Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan satgas kecamatan dan pemerintah desa untuk melakukan pemantauan.

“Terutama takbir keliling, jika didapati ada gelaran takbir keliling maka tidak ada toleransi tetap akan dibubarkan dan langsung akan kami cek kesehatannya. Karena kami juga tidak ingin ada klaster baru di momentum besar,” kata Ugas, Senin (20/7/2021).

Selain itu, lanjut Ugas, perihal salat idul adha, pihaknya optimistis untuk masjid besar di Kabupaten Probolinggo dipastikan tak menggelar. Hanya saja, menurut dia, Pekerjaan Rumah (PR) satgas ada pada musala di desa terpencil dan pegunungan.

“Karena karakter mereka berbeda, oke kita bisa sosialisasi terkait aturan PPKM Darurat ini kepada takmir ataupun tokoh masyarakat, tapi berbeda dengan warganya. Oleh karena itu, kami minta pantauan ketat dari satgas kecamatan,” tutur Ugas.

Menurut Ugas, sosialisasi maksimal agar warga tidak melaksanakan salat Idul Adha sudah rutin. Tidak menutup kemungkinan, seluruh desa akan mentaati hal itu, sehingga iapun mengingatkan lagi bahayanya wabah saat ini.

“Ingat, ratusan orang masih diisolasi saat ini, sekitar 700 lebih. Jika nantinya ada pelaksanaan salat Idul Adha tidak mungkin kami bubarkan, tapi jika satgas meminta swab atau sebagainya dimohon untuk berkenan dan menerima segala hasilnya,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Wali Kota; Tindak Tegas Truk dan Bus Masuk Kota

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …