Struktur Batu Bata Kuno Ditemukan di Lereng Arjuno, Peninggalan Majapahit?

PURWODADI,- Struktur batu bata kuno yang diduga terbuat dari bebatuan andesit ditemukan di Dusun Tambak Watu, Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

Menurut warga setempat, Ndandik Agung Wijaya, struktur batu tersebut ditemukan pertama kali pada 8 Juni 2021. Struktur batu ditemukan oleh pemilik kebun saat hendak menggarap lahan di kaki Pegunungan Arjuno itu.

“Saat itu, warga pemilik kebun hendak menanam kopi. Nah saat proses penggalian, alat galinya mengenai batu,” kata Ndandik, Ranu (16/6/2021).

Ternyata, dijelaskan Ndandik, saat digali lebih dalam ditemukan struktur batu yang tersusun rapi membentuk sebuah undakan. Pemilik lahan menduga, batu tersebut merupakan peninggalan bersejarah.

“Batu itu diperkirakan bukan buatan zaman modern, karena bentuknya lebih lonjong dan ukurannya besar,” prediksinya.

Sehingga, sambung Ndandik, kemungkinan batu bata itu diduga peninggalan Kerajaan Majapahit atau kerajaan kuno lainnya. Asumsi itu diperkuat dengan banyaknya temuan benda purbakala lain di Lereng Arjuno sebelumnya.

“Kalau dengar-dengar cerita, katanya sisa-sisa dari Kerajaan Majapahit,” ungkap dia.

Penemuan struktur batu bata itu, menurutnya, sudah dilaporkan kepada pemerintah desa. Bahkan, juga telah dilaporkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan.

“Dari Trowulan (Balai Pelestari Cagar Budaya Mojokerto, red) juga sudah datang untuk mengecek,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Disparbud Kabupaten Pasuruan Eka Wara Brehaspati mengatan, memang benar ada penemuan batu bata kuno di Desa Tambaksari. Namun, pihaknya belum bisa secara gamblang mengidentifikasi usia maupun asal muasal bebatuan itu.

“Iya kami sudah mendapatkan laporannya. Tetapi itu batuan apa dan peninggalan kerajaan apa kami belum mengetahui,” tutur Eka.

Menurut Eka, pihaknya belum ada rencana untuk mengkordinasikan penemuan itu lebih lanjut ke pihak-pihak terkait lain. Sebab, aku Eka, pihaknya masih terkendala minimnya anggaran untuk melakukan tindak lanjut.

Baca Juga  Tiga Bulan Buron, Remaja Pencuri HP Santri Akhirnya Tertangkap

“Masa pandemi ini dana berkurang. Kemungkinan, bakal ditindaklanjuti pada 2022 mendatang. Tentunya kami masih menghitung dana, karena untuk menindaklanjuti hal itu membutuhkan dana yang cukup besar,” bebernya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Jelang Lebaran, Warga Probolinggo Ramai-ramai Beli Perhiasan Emas

Probolinggo,- Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak warga yang membeli emas tak terkecuali di Kota …