Puluhan Desa Gelar Pilkades, Telan Anggaran Rp5 Miliar

PASURUAN,- Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang bakal digelar tahun ini resmi dimulai. Hal itu ditandai dengan pencanangan Pilkades oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kamis (10/6/21).

Bupati mengatakan, pilkades yang merupakan rutinitas pergantian kepemimpinan di tingkat desa, harus sama-sama disukseskan tahapan dan prosesnya melalui komitmen bersama. Baik panitia pilkades, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh lapisan masyarakat.

“Hal itu penting dilakukan mengingat akan ada 55 desa di 21 kecamatan yang akan menggelar pilkades serentak 3 November mendatang. Semuanya harus kompak dan berkomitmen dalam mensukseskan pilkades serentak di Kabupaten Pasuruan. Kalau kompak, pasti akan berjalan lancar,” pesannya.

Karena masih dalam pandemi, Gus Irsyad sapaan Irsyad Yusuf menjelaskan, penerapan protokol kesehatan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Tujuannya, agar tidak ada klaster pilkades setelah pesta demokrasi tingkat desa itu usai digelar.

“Saya menghimbau kepada seluruh jajaran panitia untuk menetapkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, agar pelaksanaan Pilkades berlangsung dengan aman, lancar dan sukses,” papar Gus Irsyad.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Nurul Huda mengatakan, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk menopang pilkades serentak itu.

Anggaran tersebut dipergunakan untuk banyak kebutuhan. Diantaranya makanan dan minuman, honor panitia pilkades, surat suara, kotak suara, sound system, sewa tenda dan biaya lain yang dibutuhkan.

Dengan tambahan jumlah TPS akibat aturan selama Pandemi, maka Pemkab Pasuruan menurut Huda, juga harus menyiapkan anggaran tambahan.

“Secara estimasi, kebutuhan untuk penambahan TPS dan lain sebagainya ditaksir hingga mencapai Rp 4,2 Milyar,” kata Nurul Huda.

Karena setiap desa bisa memiliki lebih dari dua TPS. Dampaknya, anggaran untuk penyelenggaraan pilkades membengkak. “Maka dari itu, akan kami anggarkan melalui PAK akhir tahun ini,” jelasnya.(*)

Baca Juga  Jarang Kontrol, Dinkes Kota Probolinggo Cek HIV Suami-Bumil 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Mengaku Dicurangi, 2 Cakades Gagal Datangi DPRD

PAJARAKAN,- Dua orang calon kepala desa (cakades) yang kalah saat pemilihan kepala desa (pilkades) serentak …