Sidang kasus pencurian empat batang kayu yang melibatkan satu keluarga di PN Kraksaan, Kamis (9/11/2107).

Kesadaran Meningkat, Angka Perceraian di Probolinggo Turun

KRAKSAAN,- Selama satu setengah bulan terakhir, Mei- pertengahan Juni 2021, Pengadilan Agama (PA) Kraksaan, memutus sebanyak 89 kasus perceraian. Angka tersebut menurun dibanding perkara perceraian yang diputus pada bulan sebelumnya.

Sebanyal 89 kasus yang diputus tersebut terdiri dari 35 perkara cerai talak, yang diajukan oleh suami terhadap istrinya. Dan 54 perkara lainnya, merupakan perkara cerai gugat yang diajukan istri terhadap suaminya. Sebelumnya angka perceraian mencapai 186 kasus.

Panitera Muda Pengadilan Agama Kraksaan, Syafiudin, mengatakan, penyebab menurunnya angka perceraian tersebut, karena adanya kesadaran masyarakat. Sehingga baik para istri dan suami yang hendak bercerai, masih bisa selesai sebelum diajukan ke pengadilan.

“Sementara untuk penyebab perceraian yang bulan ini masih tetap didominasi faktor ekonomi. Terhitung dari perkara, baik yang diajukan oleh masyarakat, ataupun sudah diputus,” kata Syafiudin, Kamis (10/6/2021).

Kemudian, lanjut Syafiudin, penyebab perkara paling banyak diurutan kedua ada sebanyak 30 perkara yang disebabkan karena adanya perselisihan terus menerus, lalu urutan berikutnya, ada 7 perkara, yang disebabkan sudah tidak adanya kecocokan.

“Seterusnya, disebabkan karena adanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), karena mabuk-mabukan, karena judi, dan karena kawin paksa. Masing-masing terdapat satu perkara yang diajukan atau diputus. Untuk kasus perselingkuhan tidak ada,” ujarnya.

Oleh karena itu, pria kelahiran Kabupaten Situbondo ini berharap, agar siapapun yang hendak bercerai lebih baik dipikirkan lagi. Setidaknya, kata dia, adanya buah hati yang masih kurang sayang dari kedua orangtuanya masing-masing.

“Semoga tren penurunan ini bertahan pada bulan-bulan berikutnya. Meskipun saat ini keadaan masih belum banyak berubah karena adanya pandemi Covid-19 ini,” tutup Syafiudin.(*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Tak Berizin, Perumahan Paradise Mansion di Dringu Disegel Pol PP

Baca Juga

Mengaku Dicurangi, 2 Cakades Gagal Datangi DPRD

PAJARAKAN,- Dua orang calon kepala desa (cakades) yang kalah saat pemilihan kepala desa (pilkades) serentak …